Kandang Ayam di Dororejo Pekalongan Terbakar, 15 Ribu Ekor Anak Ayam Mati Kepanggang

Kandang Ayam di Dororejo Pekalongan Terbakar, 15 Ribu Ekor Anak Ayam Mati Kepanggang

Kandang ayam di Desa Dororejo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan terbakar.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Kandang ayam di Dukuh Dorokulon RT 15 RW 06 Desa Dororejo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan terbakar. Sebanyak 15 ribu ekor ayam broiler umur tujuh hari mati terpanggang.

Akibat kejadian itu, pemilik kandang bernama Mansur (54), warga Desa Dororejo, mengalami kerugian sekitar Rp950 juta. Pasalnya, akibat kejadian itu kandang ayam dua lantai ludes terbakar, 15 ribu ekor anak ayam mati, dan satu traktor di dekat kandang rusak terbakar.

Kades Dororejo Alimin Slamet, Jumat, 15 September 2023, mengatakan, kandang ayam milik Mansur, warga desa setempat, terbakar pada Rabu malam, 13 September 2023, sekitar pukul 23.30 WIB. Diduga penyebab kebakaran kandang ayam itu akibat konsleting listrik.

"Malam itu penjaga kandang baru bersih-bersih kandang dan istirahat sebentar di dekat kandang, tiba-tiba mendengar suara seperti letusan," terang Alimin.

Baca juga:5 Hektare Hutan Pinus di Kandangserang Pekalongan Terbakar

Setelah diperiksa, letusan itu berasal dari lampu bohlam di kandang yang meletus. Akibat ledakan lampu itu menimbulkan percikan api yang dengan cepat membakar kandang yang terbuat dari bahan-bahan mudah terbakar. Ditambah cuaca panas ekstrem dan malam itu angin kencang. 

"Kebakaran kandang ayam ini bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 dini hari setelah mobil damkar datang. Warga juga ramai-ramai membantu memadamkan api dengan alat seadanya, namun belum mampu mengatasi kobaran api," katanya.

Menurutnya, kandang ayam itu berada di daerah perbatasan Wringingageng dengan Dororejo, namun masih masuk di Desa Dororejo. Jarak kandang dengan pemukiman warga sekitar setengah kilo. 

"Kerugiannya cukup besar. Nyampe 900an juta. Ada 15 ribu ayam terbakar juga," ungkapnya.

Baca juga:Lupa Matikan Tungku Kayu Bakar, Rumah Warga di Winduaji Pekalongan Ludes Terbakar

Sementara itu, Kapolsek Doro Iptu Yonanta Edi Pranawa, menerangkan, pada hari Kamis dini hari, 14 September 2023, sekira pukul 01.00 WIB, petugas Polsek Doro mendapatkan laporan dari Kades Dororejo bahwa telah terjadi kebakaran di kandang ayam yang berada di Dukuh Dorokulon, Desa Dororejo. 

Diterangkan, pada Rabu malam, tanggal 13 September 2023, sekira pukul 23.30 WIB, dua penjaga kandang bernama M Arif (25) dan Juwondo (23), keduanya warga Desa Wringinagung, berada di rumah diesel di depan kandang ayam. Keduanya sedang beristirahat, tiba-tiba mendengar suara letusan dari dalam kandang ayam.

"Mendengar bunyi tersebut, kedua penjaga kandang ini mengecek ke dalam kandang ayam dan melihat sebuah bohlam lampu dalam keadaan pecah dan mengeluarkan asap serta terdapat percikan api pada bambu rangka atap kandang ayam," terang dia.

Mengetahui hal tersebut, keduanya berteriak meminta tolong warga sekitar sambil mengambil air untuk memadamkan api. Tak lama warga sekitar berdatangan ikut membantu memadamkan api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: