Siapa Minat, Pemkab Fasilitasi Operasi Bibir Sumbing Gratis

Siapa Minat, Pemkab Fasilitasi Operasi Bibir Sumbing Gratis

PENJELASAN - Sekretaris Dinsos Batang, Rasmuji, saat memberikan penjelasan soal layanan operasi bibir sumbing gratis.-Dhia Thufail-

*Kuota Masih Sisa 10 Lebih

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang memberikan layanan operasi bibir sumbing secara gratis kepada masyarakat kurang mampu dalam rangka memperingati HUT ke-14 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Batang, Rasmuji saat ditemui di kantornya, Kamis (14/9/2023). “Ya, dalam rangka perayaan hari jadi TKSK, kami  akan memberikan bantuan layanan operasi bibir sumbing kepada masyarakat kurang mampu, di Batang dan sekitarnya,” katanya.

Ia mengatakan, layanan itu bisa didapatkan secara gratis tanpa dipungut biaya. Masyarakat cukup datang ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Batang, dengan membawa persyaratan berupa Kartu Keluarga dan KTP saja.

“Layanan operasi bibir sumbing gratis ini berlaku bagi semua kalangan masyarakat, tidak hanya masyarakat ber KTP Batang saja. Silahkan datang dan daftarkan diri melalui petugas kami, Jaenal 082322057487 atau Hendra 082314259496. Manfaatkan momen ini,” ujarnya.

Menurutnya, pendaftaran sudah dibuka sejak awal Agustus 2023 lalu, dan akan berakhir atau tutup pendaftaran pada akhir bulan September 2023 ini.

“Hingga saat ini kami mencatat warga yang berminat untuk mendaftarkan diri kurang dari 10 orang. Padahal kuota minimal yang kami punya ialah untuk 20 orang, dan maksimal hingga ratusan orang,” bebernya.

Adapun dijelaskan dia, layanan operasi bibir sumbing gratis ini bekerjasama dengan Yayasan Permatasari dari Semarang.

“Untuk layanan operasi bibir sumbing gratis ini sendiri akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2023, yang bertempat di RSUD Batang. Namun, jika kuota peserta tidak mencapai 20 orang, maka pelaksanaan operasi akan dilakukan di Semarang,” jelasnya.

Disampaikan juga oleh Rasmuji, bahwa batasan umur masyarakat yang akan mengikuti layanan ini mulai dari usia 3 bulan hingga 65 tahun. Tak hanya itu, kadar hemoglobin juga harus dalam kondisi normal, serta berat badan minimal 5 kilogram.

“Kami sudah menyurati ke seluruh kecamatan terkait adanya layanan operasi bibir sumbing gratis ini, namun peminatnya masih sedikit, jadi apakah sosialisasinya yang kurang atau memang warga yang mengidap bibir sumbing sangat jarang sekali,” katanya.

Ditambahkan Rasmuji, selain menggelar layanan operasi bibir sumbing secara gratis, dalam rangka menyemarakan HUT ke 14 TKSK, akan diselenggarakan berbagai kegiatan yang dipusatkan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) mulai dari tanggal 7-9 Oktober 2023.

“TKSK dari seluruh Jawa Tengah akan berkumpul di Batang, tepatnya di KITB. Mereka akan mengadakan acara di sana dengan mengangkat tema ‘Memayu Hayuning Sesama,” terangnya.

TKSK akan memberikan bantuan sosial berupa paket sembako senilai Rp200 ribu kepada 1 ribu Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), seperti fakir miskin, penyandang disabilitas, lanjut usia terlantar, dan anak yatim dan yatim piatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: