HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan, Dorong Aksi Nyata untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan, Dorong Aksi Nyata untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti serahkan piala kepada juara lomba dalam rangka HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Di momentum HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan, PMI Kabupaten Pekalongan mendorong anggota PMI untuk melakukan aksi nyata dalam rangka mengurangi dampak perubahan iklim yang kian mengkhawatirkan.

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti, ditemui usai upacara HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan di halaman Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pekalongan di Jalan Raya Karangsari-Karanganyar, Minggu, 17 September 2023, mengatakan, tema HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan ialah ''Menolong Sepenuh Hati'. 

"Kita tahu saat ini telah terjadi perubahan iklim di seluruh dunia, sehingga PMI turut serta didalam menanganinya. Tidak hanya dalam tanggap darurat dampak dari perubahan iklim itu sendiri tapi juga kita anggota PMI ini membiasakan diri ikut serta di dalam mengembalikan fungsi bumi biar sehat lagi. Salah satu caranya dengan cara menanam, menghijaukan bumi," ungkap Arini.

Sebagai organisasi kemanusiaan, ujar Arini, PMI berkomitmen untuk turut serta mengurangi dampak perubahan iklim tidak hanya terdepan dalam respon tanggap darurat bencana seperti banjir, longsor, dan kekeringan.

Baca juga:Bupati Berharap PMI Konsisten Menjalankan Visi Kemanusiaan

Namun, lanjut dia, PMI juga berperan serta meningkatkan kesadaran sekaligus memberdayakan masyarakat dalam kegiatan adaptasi perubahan iklim.

"PMI ikut serta dalam menjadikan bumi yang lebih hijau dan sehat," tandasnya.

Untuk itu, PMI Kabupaten Pekalongan juga melakukan kegiatan pembibitan dan penanaman pohon yang diharapkan dapat diikuti oleh seluruh komponen PMI, baik KSR maupun PMR.

Dalam peringatan HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan juga berkomitmen untuk melakukan aksi cerdas iklim. Yaitu dengan melakukan aksi-aksi di markas atau di keseharian sebagai upaya adaptasi perubahan iklim.

"Aksi ini misalnya menggunakan kertas bekas, mengirimkan dokumen secara online, membawa botol minum, memelihara tanaman di rumah, sekolah dan kantor, serta aksi-aksi lain untuk mengurangi dampak perubahan iklim," tandasnya.

Baca lagi:Pancaroba, PMI Siagakan Alat Penangan Bencana

HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan sendiri diantaranya diselenggarakan kegiatan upacara, lomba-lomba, bantuan air bersih, hingga kegiatan penanaman. 

Ia berharap, sesuai dengan tema HUT ke-78 PMI Kabupaten Pekalongan, yakni menolong sepenuh hati, maka seluruh anggota PMI bisa dengan penuh keihlasan menolong sesama.

"Tidak hanya manusia tertentu tapi kita mempunyai tujuh prinsip Palang Merah Indonesia, itu yang selalu kita pegang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: