Yuk Kenali Manfaat Jus Nanas Kaya Vitamin C untuk kesehatan, Bantu Atasi Nyeri Haid sampai Sembuhkan Asma

Yuk Kenali Manfaat Jus Nanas Kaya Vitamin C untuk kesehatan, Bantu Atasi Nyeri Haid sampai Sembuhkan Asma

Manfaat Jus Nanas--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Manfaat jus nanas untuk kesehatan tubuh ternyata efektif juga dalam meredakan haid. Buat para perempuan yang selalu bad mood karena datang bulan, bisa diatasi dengan minum jus nanas.

Buah yang terkenal dengan warna kuning yang khas ini dapat dikonsumsi secara langsung. Selain segar, jus nanas ini memiliki manfaat bagi kesehatan yang tak terkira.

Kandungan nutrisi yang ada pada buah nanas ini diantaranya vitamin C dan A. Selain itu ada juga kandungan nutrisi vitamin B1 dan tiamin.

Rasa dari buah nanas sendiri cenderung asam manis. Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika, buah nanas ini memiliki 50 kalori setiap 165 gramnya.

 

BACA JUGA:Cara Mengolah Bonggol Nanas Menjadi Obat Alami Sinusitis ala dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:Konsumsi Nanas dan Soda Saat Hamil Akibatkan Keguguran, Benarkah?

Untuk itu, sebaiknya menambahkan gula kalau mau buat jus nanas, karena bisa mengurangi khasiatnya. Lebih bagus lagi tambahkan sayur untuk meminimalisir kandungan gula pada buah nanas. Agar manfaat jus nanas dapat dirasakan secara langsung bagi kesehatan seperti di bawah ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat jus nanas adalah dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat. Sebab buah Nanas ini bisa mencegah kolesterol jahat ini jadi plak yang daoat menyumbat arteri.

Buah Nanas sarat akan kandungan potasium di dalamnya. Senyawa yang dapat menyeimbangkan kandungan air yang tersimpan di tubuh.

Manfaat rutin konsumsi jus nanas setiap hari dapat mencukupi kalium di dalam tubuh. Sehingga tekanan darah tinggi pun dapat dicegah sejak dini.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada pada buah nanas mampu untuk meninkatkan sistem imun tubuh. Jadi sangat membantu agar tubuh tetap fit.

Selain itu asam amino pada jus buah nanas ini dapat memperbaiki kerusakan sel. Tentu saja kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

3. Menyembuhkan Asma

Manfaat jus nanas selanjutnya cukup luar biasa. Karena dapat menyembuhkan penyakit asma. Cara kerjanya kandungan beta karoten buah nanas menjaga saluran pernapasan agar tidak terjadi peradangan.

Penyakit Asma disebabkan karena stres dan polusi udara. Membuat peradangan pada saluran pernapasan sehingga terasa sesak. Antiinflamasi buah nanas dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung vitamin C, ternyata buah nanas mengandung vitamin A. Kandungan nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mata.

Sel-sel mata akan rusak seiring bertambahnya usia. Maka untuk mengatasi degenerasi makula, bisa rutin konsumsi buah nanas. Karena salah satu manfaat jus Nanas membuat penglihatan mata jadi lebih jelas.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Buah nanas menganudung serat yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan. Vitamin dan mineral yang ada di dalamnya mampu membantu penyerapan air secara optimal.

Menurut kampus Colorado State menyebutkan kalau konsumsi buah nanas setidaknya setengah potong saja, sudah mengandung 2,2 gram serat.

Nanas juga dapat memecah protein yang dapat membantu kerja sistem pencernaan. Sebab kandungan bromelain dapat memproduksi enzim yang efektuf untuk sistem pencernaan tubuh. Sehingga penyerapan air terjadi dengan cepat.

6. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat jus buah adalah dapa mencegah kanker. Penyakit kanker ini kalau dibiarkan berkembang dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit kronis dan bahkan mematikan.

Karena kandungan nutrisi yang ada pada buah nanas ini salah satunya bromelain. Nah, enzim bromelain ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

7. Bantu Atasi Masalah Nyeri Haid

Manfaat jus nanas sangat cocok untuk kesehatan organ reproduksi. Saat haid datang, sebaiknya konsumsi jus buah nanas untuk mengurangi tingkat kesakitan.

Efek yang bisa didapatkan adalah peradangan yang menyebab kram perut bisa diatasi. Sebab kandungan senyawa bromelain dan antioksidan yang ada dapat bekerja dengan baik.

Agar kram perut tak lagi dirasakan bisa konsumsi jus buah nanas. Hal ini karena senyawa bromelain dapat berfungsi menetralkan kontraksi.

Itulah manfaat jus nanas yang jarang orang tahu. Kamu bisa coba nanti kalau jelang datanag bulan. Konsumsi buah Nanas cocok untuk menghadapi kram perut haid. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc