Gelar P5, SMAN 1 Pekalongan Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sejak Dini

Gelar P5, SMAN 1 Pekalongan Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sejak Dini

--JUAL BELI - Para siswa SMAN 1 Pekalongan melakukan jual beli produk kewirausahaan mereka

RADARPEKALONGAN - SMAN 1 Pekalongan melakukan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mengusung tema "Happy Doing The Project”. Projek ini merupakan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka tidak saja diarahkan untuk meningkatkan kompetensi siswa tetapi juga memberikan keterampilan tambahan kepada siswa, salah satunya membangun jiwa kewirausahaan siswa melalui Proyek Penguatan Profil Pancasila (P5), Senin (18/9/2023).

Disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Pekalongan, Abdur Rozak bahwa dalam Projek kali ini siswa SMAN 1 Pekalongan berkesempatan untuk belajar menjadi pengusaha sesungguhnya. Mereka mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal, masalah yang muncul dalam pengembangan potensi tersebut, dan kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

"Sebelum dimulainya puncak kegiatan, projek ini dimulai dengan pendampingan para guru dalam memberikan arahan dan materi-materi dasar tentang kewirausahaan. Lalu para siswa menganalisa dan memtuskan produk apa yang akan ditampilkan," ungkap Rozak sapaan akrabnya.

Ditambahkan olehnya, SMAN 1 Pekalongan mengambil tema projek kewirausahaan karena tidak hanya penting bagi orang dewasa tetapi juga harus dan perlu dipersiapkan sedini mungkin untuk dijadikan bekal ketika dewasa kelak. 

“Setelah memutuskan ingin menjual apa, siswa akan dituntut berfikir di mana dan bagaimana mendapatkan barang yang ingin dijualnya tersebut. Apabila siswa memutuskan untuk memproduksi sendiri barang yang ingin dijualnya, maka para siswa dapat bergotong royong dengan teman-temannya dalam satu kelompok. Apabila siswa memutuskan menjual barang yang sudah jadi, maka siswa harus memutuskan di mana mereka bisa mendapatkan barang yang ingin djualnya tersebut,” ucapnya.

BACA JUGA:LP Ma'arif NU Kota Pekalongan Gelar Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi

BACA JUGA:Spektakuler, Kota Pekalongan Miliki 80 Perpusmas

Disampaikan Rozak, setelah siswa memiliki barang yang ingin dijual, maka tantangan siswa selanjutnya adalah bagaimana siswa menampilkan jualannya agar menarik para pembeli. Karena siswa berjualannya di halaman sekolah, maka siswa tertantang untuk kreatif bagaimana agar stan jualan mereka dapat meriah dan menarik. Sebab, tampilan stan berjualan yang meriah dan menarik dapat menarik konsumen untuk mendekat ke tempat jualannya. Proses menghias stan ini juga dapat menjadi pembelajaran kreativitas bagi para siswa.

“Dengan kegiatan Gelar Karya P5 ini, kami berharap lulusan SMA Negeri 1 Kota Pekalongan tidak hanya memiliki prestasi akademik yang unggul, tetapi juga mempunyai cita rasa kreativitas dan gotong-royong yang kuat,” pungkasnya.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: