Tertarik Untuk Memelihara Burung di Rumah? Mengenal Burung Zebra Finch dan Cara Perawatannya Bagi Pemula

Tertarik Untuk Memelihara Burung di Rumah? Mengenal Burung Zebra Finch dan Cara Perawatannya Bagi Pemula

burung zebra finch-kapa65-pixabay

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Burung Zebra Finch merupakan salah satu jenis burung finch atau burung pipit yang populer sebagai hewan peliharaan. Burung zebra finch memiliki karakteristik yang unik dan menarik.

Nah buat kamu yang tertarik untuk memelihara burung dengan corak yang unik ini, yuk kita kenali dulu karakteristik burung zebra finch dan juga cara perawatannya bagi pemula yang sudah Radar Pekalongan Disway rangkum.

Karakteristik Burung Zebra Finch

1. Ukuran Burung Zebra Finch

Burung Zebra Finch memiliki ukuran yang kecil, dengan panjang sekitar 10 hingga 11 cm. Burung ini termasuk dalam kelompok burung finch kecil yang mudah dibudidayakan.

2. Warna yang Menarik

Zebra Finch memiliki warna yang menarik, dengan warna tubuh dominan abu-abu dan garis-garis hitam dan putih yang khas di sepanjang tubuh dan sayap. Variasi warna dan pola tersebut dapat tercipta tergantung pada jenis kelamin dan genetika individu dari burung Zebra Finch.

BACA JUGA:Buktikan Sendiri, Inilah Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat, Pasti Ampuh!

BACA JUGA:Bisa Berakibat Fatal, Inilah 7 Kesalahan Ketika Merawat Kucing, Pemula Harus Paham!

3. Kicauan yang Aktif

Burung Zebra Finch dikenal karena kicauan yang aktif dan memeiliki melodi. Mereka sering berkomunikasi satu sama lain dengan kicauan yang beragam, dan ini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi pemiliknya. Wah pasti udah kebayang dong pagi-pagi ngopi di rumah ditemani kicauan merdu dari burung yang satu ini. Duh pasti asik banget ya.

4. Sosial

Zebra Finch merupakan burung yang sangat sosial dan biasanya hidup dalam kelompok kecil. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan memiliki beberapa Zebra Finch agar mereka tidak merasa kesepian. Mereka juga bisa berinteraksi dengan pemiliknya dengan baik.

5. Mudah Dipelihara

Burung Zebra Finch adalah burung yang relatif mudah dipelihara, sangat cocok untuk pemula. Burung ini juga tidak memerlukan perhatian khusus yang rumit.

6. Harga Burung Zebra Finch

Jika kamu berminat untuk memelihara burung pintar nan menggemaskan ini harganya juga termasuk murah untuk kelas burung finch. Untuk harga per dua ekor burung Zebra Finch yaitu sekitar Rp 150 ribu rupiah.

Kamu bisa membedakan burung jantan dan burung betide dengan melihat warna dan tanda yang ada di lehernya. Jika warnanya warnanya lebih cerah dan memiliki corak kalung hitam di lehernya berarti tu merupakan burung jantan.

BACA JUGA:Kucingmu Makin Sehat, Inilah Rekomendasi Dry Food Kucing Terbaik, Cobain Saja!

BACA JUGA:Sudah Terbukti, Inilah Vitamin untuk Kucing yang Bagus, Langsung Saja Cobain!

Cara Merawat Burung Zebra Finch

1. Kandang yang Sesuai

Berikan kandang yang cukup besar untuk memelihara burung Zebra Finch, terutama jika kamu memiliki beberapa burung. Kamu memerlukan kandang berukuran 60 cm x 30 cm yang termasuk ukuran minimum yang baik untuk memelihara sepasang Zebra Finch.

2. Makanan yang Seimbang

Berikan makanan berbasis biji-bijian yang mudah kamu temukan di penjual pakan burung atau hewan. Kamu juga bisa memberikan sayuran segar dan buah-buahan sebagai camilan tambahan. Pastikan air bersih selalu tersedia di kandang dan diganti secara rutin.

3. Tempat Mandi

Zebra Finch menyukai tempat mandi dengan air bersih. Sediakan tempat mandi yang dangkal di dalam kandang mereka untuk membantu menjaga kebersihan bulu mereka.

4. Mainan dan Aktivitas

Sediakan permainan dan mainan untuk menghibur Burung Zebra Finch yang kamu pelihara. Burung jenis ini juga menyukai mainan yang dapat mereka pukul-pukul atau mainkan dengan paruh mereka.

BACA JUGA:Ingin Kucingmu Sehat, Inilah 6 Nutrisi yang Harus Ada Dalam Makanan Kucing, Dijamin Kucing Kebal Penyakit!

BACA JUGA:Baru Pertama Pelihara Kucing, Yuk Kenali Ciri-Ciri Kucing yang Sedang Sakit, Penting untuk Dikenali!

5. Interaksi Sosial

Berinteraksilah dengan Zebra Finch peliharaanmu secara teratur. Meskipun mungkin butuh beberapa waktu agar mereka menjadi nyaman denganmu, perlahan-lahan kamu bisa mulai melatih mereka untuk berinteraksi dengan tanganmu.

6. Jaga Kebersihan

Jaga kebersihan kandang secara teratur dengan membersihkan kotoran dan makanan sisa. Ini akan membantu menjaga kesehatan burung peliharaanmu.

7. Perawatan Kesehatan

Perhatikan tanda-tanda penyakit seperti perubahan perilaku atau penurunan nafsu makan. Jika kamu mendapati hal brbeda dari perilaku atau fisik pada burung peliharaanmu, segera hubungi dokter hewan yang berpengalaman dalam merawat burung.

8. Keamanan

Pastikan kandang Zebra Finch aman dari bahaya seperti barang tajam atau bahan beracun yang dapat dijangkau oleh burung. Dan juga jauhkan dari hewan peliharaan besar lain seperti anjing dan kucing. Karena dua hewan tersebut akan menganggap burung zebra finch merupakan mangsa mereka karena ukurannya yang kecil.

Itulah beberapa cara untuk merawat hewan peliharaan Burung Zebra Finch yang bisa kamu lakukan bagi pemula. Dengan merawat burung Zebra Finch dengan baik dan memberikan perhatian yang cukup, burung peiharaanmu pastinya akan merasa bahagia dan sehat.

Burung jenis ini juga dapat hidup lama, jadi jadikan perawatan dan perhatian sebagai prioritas untuk memastikan kesejahteraan hidup mereka ya. (PEH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: