Sesak Nafas saat Padamkan Kebakaran Hutan, Mbah Cayo Digendong Bhabinkamtibmas Polsek Kajen Keluar Hutan

Sesak Nafas saat Padamkan Kebakaran Hutan, Mbah Cayo Digendong Bhabinkamtibmas Polsek Kajen Keluar Hutan

Bhabinkamtibmas Polsek Kajen Aipda Yuli Setyawan gendong warga yang alami sesak nafas saat padamkan kebakaran hutan pinus di Desa Kalijoyo.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN – Seorang warga bernama Mbah Cayo alami sesak nafas saat padamkan kebakaran hutan pinus di daerah Empon-empon di Desa Kalijoyo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. 

Mbah Cayo langsung dievakuasi dengan cara digendong dari dalam hutan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kajen bernama Aipda Yuli Setyawan yang ikut bersama warga memadamkan kebakaran hutan tersebut.

Dengan sisa-sisa kekuatannya usai berjibaku memadamkan kebakaran hutan, Aipda Yuli menggendong Mbah Cayo keluar dari hutan. Selanjutnya, Mbah Cayo mendapatkan perawatan dari tim kesehatan PMI Kabupaten Pekalongan yang ada di lokasi kebakaran hutan tersebut.

Mbah Cayo, warga Dukuh Karangglagah, Desa Kalijoyo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, mengalami sesak nafas dan luka pada kaki saat memadamkan kebakaran hutan di Empon-empon. Ia bersama personel TNI-Polri, PMI, Pemdes Kalijoyo dan warga sekitar saat itu sedang berupaya memadamkan api yang membakar hutan pinus di Desa Kalijoyo.

Baca juga:4 Kasus Kebakaran di Kabupaten Pekalongan dalam Sehari, Karhutla Mendominasi

“Mbah Cayo bersama rekan-rekan lainnya sedang berusaha untuk memadamkan kobaran api yang membakar hutan pinus. Namun, berhubung dia sesak nafas akibat kelelahan dan banyak menghirup asap serta kaki kirinya juga lecet akibat terkena batang pohon, maka kami evakuasi dia, guna mendapatkan perawatan,” ujar Aipda Yuli.

Aipda Yuli mengevakuasi Mbah Cayo dengan menggendongnya untuk dibawa keluar hutan guna mendapatkan perawatan. Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas PMI, Mbah Cayo dinyatakan dalam keadaan baik-baik saja dan sudah diantar ke rumahnya.

Sementara itu, Kapolsek Kajen Iptu Turkhan saat dikonfirmasi terkait peristiwa kebakaran hutan menyampaikan, kebakaran terjadi di hutan pinus LMDH Wonojoyo Petak 14B1RPH Tambaksari BKPH Kesesi, Pangkuan wilayah Dukuh Empon-Empon Desa Kalijoyo, Rabu, 20 September 2023.

“Sekitar pukul 13.45 WIB, kami menerima informasi dari warga, bahwa telah terjadi kebakaran hutan pinus di tanah milik Perhutani di Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Baca lagi:Rumah Sekaligus Tempat Usaha Konveksi di Pekalongan Terbakar, Kerugian Rp 170 Juta

Personel Polsek Kajen yang datang di lokasi, bersama Koramil, PMI, Perhutani dan warga setempat berusaha untuk memadamkan api yang membakar hutan pinus.

“Karena lokasi kebakaran di tengah hutan pinus milik Perhutani, dan lokasi sulit dijangkau pemadam kebakaran, maka aparat bersama warga melakukan pemadaman dengan alat seadanya,” ungkap Iptu Turkhan.

Kapolsek Kajen mengatakan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.50 WIB. Sementara luas lahan yang terbakar mencapai satu hektare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: