Mungkin Inilah Alasan Kenapa Seseorang Suka Berbohong, Apakah Kamu Termasuk?

Mungkin Inilah Alasan Kenapa Seseorang Suka Berbohong, Apakah Kamu Termasuk?

Alasan kenapa seseorang suka berbohong-freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Ada banyak alasan kenapa seseorang suka berbohong. Apalagi jika dia berada di situasi tertentu yang membuatnya merasa terancam, maka dia akan terlihat seperti orang yang handal dalam mengarang suatu cerita.

Arti dari berbohong sendiri adalah menyampaikan suatu pernyataan yang tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataannya.

Biasanya di dalam kebohongan, sekali saja kamu berbohong, maka akan ada kebohongan lain yang akan muncul berikutnya. Inilah yang akhirnya membuat kebohongan itu terus menerus terjadi alias menjadi rantai setan.

Walaupun ada kalanya seseorang berbohong demi suatu kebaikan, ada juga yang mungkin untuk sekadar bersenang-senang. Apapun alasannya sebaiknya sebisa mungkin kamu menghindari suatu kebohongan.

BACA JUGA:Pentingnya Manajemen Emosi dalam Kehidupan Sehari-hari, Jangan Biarkan Emosi Menguasai Diri!

Perlu diketahui juga ternyata ada nih istilah Mythomania teman-teman. Mythomania adalah seseorang yang suka berbohong secara terus menerus demi mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. 

Tentu saja apabila ini diteruskan maka akan menimbulkan kebiasaan yang tidak baik, bahkan bisa saja merugikan orang lain maupun dirinya sendiri.

Secara garis besar, kenapa sih seseorang ini suka berbohong? Langsung saja yuk kita simak pembahasan tentang alasan kenapa seseorang suka berbohong berikut ini.

BACA JUGA:Hindari 3 Sikap Mendengarkan Ini, Sebab Kamu Memiliki Komunikasi yang Buruk

Alasan Kenapa Seseorang Suka Berbohong

1. Menjaga citra diri 

Alasan pertama yang mungkin terjadi adalah, seseorang berbohong karena ingin menyelamatkan citra dirinya atau image dia yang ada di masyarakat.

Biasanya orang yang seperti ini memiliki keinginan untuk dianggap dan dihargai eksistensinya. Bahkan untuk menghindari mereka dari kritik-kritik yang negatif. 

2. Menghindar dari tanggung jawab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: