7 Tips Praktis Berbicara Anti Belibet, Berguna Agar Kamu Lebih Percaya Diri

7 Tips Praktis Berbicara Anti Belibet, Berguna Agar Kamu Lebih Percaya Diri

Tips praktis berbicara anti belibet-freepik.com-freepik.com

Ketika kamu sudah percaya diri, lama-lama kamu akan nyaman dan lebih menguasai situasi, sehingga bisa meminimalisir rasa gugup berhadapan dengan lawan bicara atau audiens.

2. Fokus pada topik pembicaraan

Tips kedua adalah perhatikan topik pembicaraan, coba kuasai topiknya. Siapkan baik-baik apa yang ingin kamu ucapkan nantinya.

Pastikan apa yang akan kamu sampaikan tidak melenceng dari topik yang seharusnya. Hal ini untuk menghindari adanya loncatan informasi yang bisa membuat kamu merasa panik.

BACA JUGA:Mengenal 6 Emosi Dasar pada Manusia dan Cara Pengaplikasiannya dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Gunakan kalimat pendek

Berbicaralah secukupnya, cobalah untuk meruntut setiap kalimat dengan baik. Tidak perlu semua langsung kamu sampaikan, cukup beberapa kalimat ini saja.

Berbicara dengan sederhana, artinya gunakan kata-kata atau istilah yang mudah untuk diucapkan, yang sekiranya tidak akan membuat kamu belibet. Pastikan juga bahwa lawan bicaramu atau audiens akan bisa memahaminya.

4. Latih tempo bicara kamu

Agar bicaramu anti belibet, cobalah untuk melatih tempo bicara. Bicara yang cenderung cepat, atau bahkan cepat sekali akan membuat kamu merasa kesulitan mengatur nafas.

Selain itu bicara yang terlalu cepat juga akan membuat kamu seperti menarik setiap kalimat, sehingga kedengaran tidak jelas dan tidak terkontrol. Akhirnya menyebabkan kamu berbicara belibet.

BACA JUGA:Catat! 6 Faktor Penyebab Emosi Tidak Terkontrol, Begini Solusi Mengatasinya

5. Coba menjadi pendengar yang baik

Loh mau latihan berbicara kok malah disuruh mendengarkan? Eiits, jangan salah ya, justru dengan kamu mendengarkan setiap ucapan orang lain dengan seksama maka kamu akan menemukan feel dari sudut pandang pendengar. Jadi audiens juga merasakan vibe -nya dapat nih.

Sehingga nanti saat berbicara kamu akan mengetahui baiknya berbicara itu seperti apa, baik etika maupun cara kamu mengontrol setiap kalimat yang akan keluar dari mulutmu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: