Bisa Sulit Bahagia, Inilah 7 Kemungkinan yang Terjadi Apabila Tidak Mau Menerima Diri Sendiri

Bisa Sulit Bahagia, Inilah 7 Kemungkinan yang Terjadi Apabila Tidak Mau Menerima Diri Sendiri

Apabila tidak mau menerima diri sendiri-pexels.com-pexels.com

RADARPEKALONGAN - Tahu tidak akan ada banyak hal yang terjadi apabila tidak mau menerima diri sendiri. Salah satunya kamu jadi tidak bisa merasa bahagia. Masa sih? Ya sudah, kalau penasaran kalian bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Menerima diri sendiri atau konsepnya dikenal dengan self acceptance merupakan upaya untuk mengakui setiap aspek yang ada di dalam diri kita. Tidak hanya aspek yang baik, tetapi yang menurut kamu kurang baik pun harus diterima. 

Yang menjadi permasalah adalah, kerap kali seseorang akan menyangkal dan bahkan tidak mau menerima hal-hal yang menurutnya kurang baik. Hal ini biasanya terjadi karena sering membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain. 

Padahal sejatinya setiap orang memiliki keunikan masing-masing, karakter dan value yang berbeda-beda. Tapi tetap saja pasti akan selalu merasa bahwa orang lain lebih baik dan lebih beruntung, sementara dirinya menyedihkan. 

BACA JUGA:Apa Itu Self Love? Pentingnya Self Love dan 8 Cara Tepat Menerapkannya

Nah, sebenarnya pola pikir seperti itu belum tentu benar lho. Justru sebaliknya, saat kita mau menerima diri sendiri baik kelebihan maupun kekurangan, kamu akan punya peluang untuk jadi orang yang lebih baik lagi. Apalagi lewat hal yang kamu anggap buruk, kamu bisa ambil pelajarannya dan kamu terapkan di hidupmu. 

Seharusnya sih itu yang perlu dilakukan, tapi bagaimana jika seseorang tetap keras kepala tidak mau menerima dirinya sendiri. Berikut beberapa penjelasannya. 

yang Terjadi Apabila Tidak Mau Menerima Diri Sendiri

1. Potensi tidak berkembang 

Hal pertama yang terjadi apabila tidak mau menerima diri sendiri adalah potensinya tidak akan bisa berkembang dengan baik. Apabila belum bisa menerima diri sendiri, sering menganggap bahwa dia adalah orang yang tidak pantas maka apapun yang akan dilakukan menurutnya sia-sia.

Dia tidak cukup yakin dengan dirinya sendiri untuk mengambil beberapa resiko, yang mungkin saja sebenarnya itu akan membawa dia menemukan jati dirinya yang lebih baik lagi. Sehingga ya dia hanya akan membatasi dirinya sendiri, berputar-putar di tempat yang sama tanpa memperbaiki kekurangan-kekurangannya.

BACA JUGA:Mengungkap 5 Alasan Seseorang Memilih Curhat di Media Sosial

2. Kehilangan peluang

Melanjutkan dari kemungkinan yang pertama, jika seseorang tidak mau mencoba hal-hal baru dengan anggapan dia merasa rendah diri, maka sebenarnya dia juga akan kehilangan peluang. Sementara peluang itu tidak meski datang dua kali dalam hidup kita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: