Jangan Asal Menyiram, Begini Cara Menyiram Tanaman Anggrek agar Tidak Busuk, Pemula Wajib Tahu

Jangan Asal Menyiram, Begini Cara Menyiram Tanaman Anggrek agar Tidak Busuk, Pemula Wajib Tahu

Jangan Asal Menyiram, Begini Cara Menyiram Tanaman Anggrek agar Tidak Busuk, Pemula Wajib Tahu--Freepik

RADARPEKALONGAN - Memiliki tanaman anggrek memang harus dirawat dengan baik dan benar, termasuk dalam hal penyiraman. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara menyiram tanaman anggrek agar tidak busuk.

Tanaman anggrek kebanyakan ditanam bukan pada media tanah, namun pada media sabut kelapa, kulit kayu, pakis, moss ataupun arang sekam.

Oleh karena itu, penyiramannya juga membutuhkan teknik khusus agar bunga dari tanaman anggrek tetap segar dan akarnya tidak busuk.

Sebenarnya, jika kalian memahami jenis media tanam dan kebutuhan airnya, maka cara menyiram anggrek agar tidak busuk bukanlah hal yang sulit. pasalnya, penyiraman anggrek yang baik dan benar hanyalah tentang volume dan saat yang tepat saja.

Penyiraman untuk tanaman anggrek tidak boleh terlalu banyak dan juga tidak boleh terlalu sedikit serta sebaiknya dilakukan secara rutin setiap satu minggu sekali dengan teknik yang beragam, tergantung dari media tanam yang digunakan.

BACA JUGA:Dijamin Anti Layu, Inilah 5 Cara Merawat Anggrek Setelah Berbunga Agar Tahan Lama

Nah, berikut ini ada beberapa cara menyiram tanaman anggrek agar tidak busuk yang perlu untuk kalian ketahui.

Cara Menyiram Tanaman Anggrek agar Tidak Busuk

1. Cara Menyiram Tanaman Anggrek yang Tumbuh Pada Media Kulit Kayu

Menyiram tanaman anggrek pada media kulit kayu bertujuan untuk memberi kelembapan pada bagian kulit kayunya, bukan akar dari tanaman anggrek.

Pastikan untuk menggunakan air bersuhu ruangan yang tidak dingin maupun tidak hangat. Usahakan untuk tidak membiarkan air mengendap pada bagian pertemuan antara daun dan batang tanaman anggrek karena hal tersebut dapat menyebabkan pembusukan.

Apabila pada saat menyiram, daun tanaman anggrek terkena air segera lap air tersebut dengan menggunakan kain lembut atau dengan menggunakan tissue.

Untuk tanaman anggrek yang tumbuh di dalam pot, usahakan untuk meletakkan seluruh bagian pot ke dalam baskom dan siramkan air bersuhu ruangan ke atas kulit kayu hingga airnya memenuhi baskom. Setelah itu, biarkan kulit kayu terendam selama 10 sampai 15 menit.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Inilah 5 Penyebab Daun Anggrek Menguning Beserta Solusinya, Mudah Kok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: