Walau Kalah dari Korea Utara, Timnas Indonesia Berhasil Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games 2023

Walau Kalah dari Korea Utara, Timnas Indonesia Berhasil Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games 2023

--

Timnas Indonesia U-24 memastikan lolos ke babak 16 besar sepak bola Asian Games 2023. Meskipun di laga terakhir kalah dari Korea Utara, namun pasukan Indra Sjafri dapat tersenyum karena lolos melalui aturan peringkat tiga terbaik.

Kekalahan dari Chinese Taipei di pertandingan kedua Grup F Asian Games 2023 memang membuat peluang Timnas Indonesia U-24 lolos ke 16 besar menjadi 'rumit'. 

Kekalahan itu cukup mengejutkan karena di laga pertama Indonesia justru mampu menang 2-0 atas Kirgistan yang lebih kuat.

Dengan situasi seperti itu, Indonesia harus meraih kemenangan atas Korea Utara di laga terakhir Grup F, Minggu (24/9/2023) sore WIB, bila ingin lolos ke 16 besar. Andai imbang atau kalah, maka nasib Tim Garuda akan dipengaruhi hasil tim lain.

Namun Dewi Fortuna tampaknya masih menaungi Tim Garuda pada pertandingan terakhir. 

Meskipun kalah 0-1 dari Korea Utara, namun kekalahan itu nyatanya tetap membuat Indonesia tersenyum karena lolos ke 16 besar sepakbola Asian Games 2023.

Penentuan peringkat ketiga terbaik di sepakbola Asian Games 2023 adalah sebagai berikut.

- Poin yang didapatkan di seluruh grup.

- Selisih gol yang dimiliki.

- Produktivitas gol di seluruh pertandingan grup.

- Poin kedisiplinan. Di mana dalam perhitungan ini, setiap satu kartu kuning mendapatkan nilai kedisiplinan 1, kemudian kartu merah tak langsung alias dua kartu kuning senilai 3 poin, kartu merah langsung senilai 3 poin dan kartu kuning diikuti dengan kartu merah langsung bernilai 4 poin.

- Jika poin masih sama, maka penentuan peringkat ditentukan dengan undian.

Catatan menarik lain dalam penentuan peringkat ketiga terbaik adalah, grup yang memiliki empat tim, maka hasil melawan tim penghuni peringkat keempat tidak dihitung.

Dan grup C yang hanya ada dua tim saja, maka hasil di grup tersebut tidak dimasukkan dalam klasemen peringkat ketiga terbaik Asian Games 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: