Jangan Dibuang, Inilah 3 Cara Membuat pupuk Dari Kulit Pisang untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Dengan Subur

Jangan Dibuang, Inilah 3 Cara Membuat pupuk Dari Kulit Pisang untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Dengan Subur

Jangan Dibuang, Inilah 3 Cara Membuat pupuk Dari Kulit Pisang untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Dengan Subur--Freepik

RADARPEKALONGAN - Pada artikel berikut ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat pupuk dari kulit pisang untuk tanaman anggrek.

Membuat pupuk dari limbah organik tidak hanya bermanfaat untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, namun juga merupakan solusi yang bagus untuk mengurangi limbah.

Kulit pisang dapat kalian gunakan sebagai pupuk untuk berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman anggrek. Hal tersebut dikarenakan, kulit pisang mengandung banyak nutrisi dan mineral penting yang membuat tanaman anggrek tumbuh dengan subur.

Kulit pisang diketahui mengandung potasium, fosfor, kalsium, mangan, sodium, magnesium dan sulfur yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggrek.

Lantas bagaimana cara membuat pupuk dari kulit pisang? Berikut ini ada beberapa cara membuat pupuk dari kulit pisang untuk tanaman anggrek yang cukup mudah dilakukan di rumah.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Inilah Cara Membuat Pupuk Organik Dari Nasi Basi untuk Tanaman Anggrek, Mudah dan Praktis

Cara Membuat pupuk Dari Kulit Pisang untuk Tanaman Anggrek

1. Pupuk Organik Cair Dari Kulit Pisang

Cara membuat pupuk dari kulit pisang untuk tanaman anggrek yang pertama yaitu dengan membuat pupuk organik cair dari kulit pisang.

Langkah-langkah pembuatan pupuk organik cair dari kulit pisang adalah sebagai berikut:

  • Masukkan 5 sampai 6 kulit pisang ke dalam wadah dengan kapasitas 2 sampai 3 liter air, kemudian isi wadah tersebut dengan air bersih.
  • Tutup wadah tersebut dengan menggunakan kain berongga dan diamkan selama 4 sampai 7 hari, setelah itu buang kulit pisangnya dan biarkan air tetap di dalam wadah.
  • Siram media tanam tanaman anggrek dengan campuran air dan kulit pisang tersebut setiap 4 sampai 7 hari sekali.
  • Selain itu, kalian juga dapat memotong kecil-kecil kulit pisang tersebut dan menguburnya pada media tanam tanaman anggrek untuk hasil yang lebih optimal.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Dari Cangkang Telur untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

2. Pupuk Organik Cair dari Kulit Pisang yang Difermentasi

Cara membuat pupuk dari kulit pisang untuk tanaman anggrek yang selanjutnya yaitu dengan membuat pupuk organik cair dari kulit pisang yang telah difermentasi.

Langkah-langkah pembuatan pupuk organik cair dari kulit pisang yang telah difermentasi adalah sebagai berikut:

  • Haluskan kulit pisang dengan cara diblender, namun jika kalian tidak mempunyai blender, kalian dapat memotong dan mencincang kulit pisang menjadi potongan-potongan yang sangat kecil.
  • Larutkan 4 sendok makan gula pasir dan 1 liter air bersih kemudian masukkan ke dalam botol.
  • Masukkan kulit pisang yang telah dihaluskan ke dalam botol yang berisi larutan gula pasir.
  • Usahakan untuk menggunakan botol dengan kapasitas 1,5 sampai 2 liter air agar tidak tumpah setelah kulit pisangnya dimasukkan ke dalam botol tersebut.
  • Tutup rapat botol tersebut selama 10 sampai 14 hari dan buka tutup botolnya secara berkalai setiap 2 hari sekali agar gas yang terkandung di dalam botol dapat keluar.
  • Pupuk organik cari dari kulit pisang yang telah difermentasikan pun dapat langsung digunakan setelah didiamkan lebih dari 10 hari.
  • Siram media tanam tanaman anggrek menggunakan pupuk organik cair tersebut setiap 2 minggu sekali dan pastikan agar saat penyiraman tidak mengenai bagian tubuh tanaman anggrek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: