Cara Membuat Pupuk Organik Dari Cangkang Telur untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Cangkang Telur untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Cangkang Telur untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga--Freepik

RADARPEKALONGAN - Pada artikel kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara membuat pupuk organik dari cangkang telur untuk tanaman anggrek agar tumbuh subur dan rajin berbunga.

Memberi pupuk organik merupakan salah satu cara untuk merawat tanaman anggrek agar dapat tumbuh subur dan rajin berbunga. Salah satu pupuk organik yang dapat kalian berikan pada tanaman anggrek adalah pupuk organik dari cangkang telur.

Cangkang telur mengandung kalsium karbonat, fosfor, magnesium, natrium, kalium, mangan dan seng yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman anggrek.

Pupuk organik dari cangkang telur diketahui memilik banyak manfaat untuk tanaman anggrek. Antara lain untuk menebalkan dinding sel, meningkatkan pemanjangan sel akar, kofaktor proses enzimatis, dan hormonal serta dapat melindungi tanaman anggrek dari cekaman panas, hama dan penyakit.

Selain itu kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat pada cangkang telur bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dinding sel pada tanaman anggrek, mencegah pembusukan tanaman dan sebagai penyubur tanah.

BACA JUGA:Buktikan Sendiri Di Rumah, Inilah 8 Pupuk Alami untuk Anggrek Agar Cepat Berbunga

Terdapat tiga cara untuk membuat pupuk organik dari cangkang telur, apabila kalian tertarik untuk membuat pupuk organik dari cangkang telur simak terus artikel dibawah ini ya.

Cara Membuat pupuk organik Dari Cangkang Telur untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

1. Dibuat Sebagai Pupuk Organik Cair

Cara membuat pupuk organik dari cangkang telur untuk tanaman anggrek agar tumbuh subur dan rajin berbunga yang pertama yaitu dengan dibuat sebagai pupuk organik cair.

Cara membuat pupuk organik cair dari cangkang telur adalah dengan merebus cangkang telur tersebut dengan air bersih. Langkah-langkah yang dapat kalian lakukan adalah:

  • Rebus air bersih sebanyak 4 sampai 5 liter hingga mendidih.
  • Masukkan 20 sampai 25 cangkang telur yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan ke dalam rebusan air tersebut.
  • Diamkan campuran rebusan air dan cangkang telur selama satu malam.
  • Keesokan harinya, saring air dan pisahkan dari cangkang telur.
  • Siramkan atau semprotkan air rebusan cangkang telur pada media tanam tanaman anggrek kalian sebagai tambahan nutrisi setiap satu minggu sekali.

BACA JUGA:Pecinta Tanaman Anggrek Wajib Tahu, Inilah 7 Manfaat Air Perasan Lemon Untuk Tanaman Anggrek

2. Dibuat Sebagai Pupuk Kompos

Cara membuat pupuk organik dari cangkang telur untuk tanaman anggrek agar tumbuh subur dan rajin berbunga yang selanjutnya yaitu dengan dibuat sebagai pupuk kompos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: