Dari Sore hingga Dini Hari, Petugas Perhutani dan Masyarakat Desa Tenogo Padamkan Kebakaran Hutan

Dari Sore hingga Dini Hari, Petugas Perhutani dan Masyarakat Desa Tenogo Padamkan Kebakaran Hutan

Hutan pinus di petak 53g RPH Paninggaran di Desa Tenogo terbakar.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Potensi kebakaran hutan di Kabupaten Pekalongan belum mereda. Giliran hutan pinus di petak 53g RPH Paninggaran BKPH Paninggaran KPH Pekalongan Timur di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, terbakar, Jumat sore, 29 September 2023.

Sejak Jumat sore hingga Sabtu dini hari, 30 September 2023, petugas Perhutani dengan masyarakat Desa Tenogo berjuang memadamkan kebakaran hutan agar tak terus meluas.

Kapolsek Paninggaran AKP Agus Supriyono, menerangkan, kebakaran hutan di petak 53g tahun tanam 68 RPH Paninggaran BKPH Paninggaran KPH Pekalongan Timur ini terjadi sejak pukul 16.10 WIB. 

"Hutan yang terbakar masuk dalam wilayah administratif Pemerintah Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan," kata dia.

Baca juga:Hutan Pinus di Desa Bukur Kabupaten Pekalongan 5 Kali Kebakaran Dalam Sebulan

Baca lagi:300 Warga Dua Desa dan Aparat Gabungan Diterjunkan, Kebakaran Hutan Pinus di Kalijoyo Berhasil Dipadamkan

Menurutnya, kebakaran hutan di petak 53g ini diduga akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. "Kami mendapatkan informasi dari warga, kemudian petugas Perhutani bersama-sama dengan masyarakat, penyadap, pemerintah desa dan LMDH memadamkan api," kata dia.

Dikatakan, luas hutan yang terbakar sekitar 4 hektare, berupa hamparan semak dan pohon pinus. "Api dapat dipadamkan pada pukul 02.15 WIB," katanya.

Kepala Desa Tenogo Agus Susilo membenarkan adanya kebakaran hutan di desanya. Namun api sudah bisa dipadamkan. "Sejak pukul 16.00 WIB hingga 03.00 WIB dini hari, petugas Perhutani dan warga memadamkan kebakaran hutan. Ini sudah bisa dikendalikan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: