Hutan Pinus di Desa Bukur Kabupaten Pekalongan 5 Kali Kebakaran Dalam Sebulan

Hutan Pinus di Desa Bukur Kabupaten Pekalongan 5 Kali Kebakaran Dalam Sebulan

Personel Polsek Bojong padamkan kebakaran hutan pinus di Desa Bukur Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Hutan pinus di Desa Bukur Kabupaten Pekalongan lima kali kebakaran dalam sebulan. Meskipun polisi menyebut puntung rokok biang keroknya, namun jika tidak diantisipasi kejadian serupa bakal terjadi lagi.

"Dalam sebulan ini sudah lima kali kebakaran hutan di Bukur. Jika tidak ada tindakan tegas, hutan pinus di sini bisa habis," ujar salah satu warga desa setempat yang enggan dikorankan namanya, Kamis, 28 September 2023.

Hutan pinus di Desa Bukur kembali terbakar pada Rabu siang, 27 September 2023. Hutan yang terbakar di petak 88C2/C1. Polisi menduga penyebab kebakaran karena adanya seseorang yang membuang puntung rokok sembarangan.

Kapolsek Bojong Iptu Wastono saat dikonfirmasi mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. “Kebakaran diketahui pertama kali oleh warga, dimana mereka melihat kobaran api di hutan pinus petak 88C2/C1 semakin membesar,” ujarnya.

Baca juga:Bersihkan Sampah Panen Laos dengan Dibakar, Hutan Pinus di Desa Bukur Terbakar

Baca lagi:Kebakaran Hutan Pinus di Bukur Pekalongan Kembali Terjadi, Lagi-lagi Gara-gara Puntung Rokok

Warga selanjutnya memberitahukan kepada petugas Perhutani. Kebakaran hutan di Bukur ini lalu dilaporkan ke Polsek Bojong. 

Petugas piket Polsek Bojong bersama petugas Perhutani dan warga sekitar yang berada di lokasi segera memadamkan api dengan alat seadanya.

Disampaikan Iptu Wastono, api berhasil dipadamkan pada sore harinya, sekitar pukul 16.30 WIB. “Kebakaran mengakibatkan tujuh pohon pinus terbakar dan lahan yang terbakar sekitar dua hektare,” ungkapnya.

Sementara untuk kerugian masih dalam dalam perhitungan pihak Perhutani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: