Tak Hanya Vitamin A, Ini Beberapa Vitamin yang Bermanfaat untuk Kesehatan Matamu, Apa Saja?

Tak Hanya Vitamin A, Ini Beberapa Vitamin yang Bermanfaat untuk Kesehatan Matamu, Apa Saja?

Vitamin yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan Mata--unsplash.com

Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid yang ditemukan dalam mata dan berperan dalam melindungi mata dari cahaya berbahaya, seperti sinar ultraviolet (UV). Vitamin ini juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur pada usia lanjut. Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli merupakan sumber alami lutein dan zeaxanthin.

5. Omega-3 Asam Lemak

Omega-3 asam lemak, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat), adalah komponen penting dalam retina mata. Mengonsumsi omega-3 dapat membantu menjaga retinal tetap sehat dan memperlambat perkembangan penyakit mata karena usia. Sumber omega-3 yang baik termasuk ikan berlemak seperti salmon, dan sarden.

6. Zinc (Seng)

Seng adalah mineral yang penting untuk kesehatan mata karena dapat membantu metabolisme vitamin A dan melindungi retina mata. Daging merah, unggas, biji labu, dan susu adalah sumber makanan yang kaya seng.

BACA JUGA:Ini Dia Pentingnya Vitamin Zinc untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan, Ya!

7. Selenium

Selenium adalah mineral yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Selenium membantu melindungi mata dari kerusakan. Sumber makanan yang kaya selenium adalah biji-bijian, daging, dan seafood.

8. Vitamin B-complex

Vitamin B-complex, termasuk vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 (piridoksin), dan B12 (kobalamin), berperan dalam menjaga kesehatan saraf mata dan melindungi mata dari kondisi seperti sindrom mata kering dan glaukoma. B-complex juga dapat membantu mengurangi risiko katarak. Makanan seperti daging tanpa lemak, telur, susu, sayuran, dan biji-bijian merupakan sumber berbagai vitamin B.

9. Vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mata, karena dapat membantu mengurangi risiko peradangan dalam mata dan mengurangi risiko degenerasi makula karena usia. Selain mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari, kamu juga dapat mengonsumsi makanan seperti ikan berlemak, telur, dan susu yang diperkaya dengan vitamin D.

10. Beta-karoten

Beta-karoten adalah bagian dari vitamin A, yang berarti tubuh mengubahnya menjadi vitamin A saat diperlukan. Vitamin ini membantu dalam menjaga penglihatan yang baik, kesehatan retina, dan mencegah katarak. Wortel, labu, dan ubi jalar adalah contoh makanan yang kaya beta-karoten.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Asupan Vitamin untuk Badan Mudah Lelah dan Suka Ngantuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: