Vitamin C Bisa Untuk Menyembuhkan Demam Berdarah? Inilah 5 Minuman yang Wajib Dikonsumsi Pasien DBD

Vitamin C Bisa Untuk Menyembuhkan Demam Berdarah? Inilah 5 Minuman yang Wajib Dikonsumsi Pasien DBD

Vitamin C bisa untuk menyembuhkan demam berdarah-ilustrasi teh herbal-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tahukah kalian bahwa Vitamin C bisa untuk menyembuhkan demam berdarah loh guys. Hal ini dikarenakan manfaatnya yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan melawat virus dan bakteri dalam tubuh.

Salah satu cara mendapatkan asupan vitamin C saat terkena di demam berdarah yaitu dengan mengonsumsi minuman yang mengandung vitamin C.

Tubuh manusia sendiri sebenarnya memiliki sistem kekebalan atau sistem imunitas tersendiri untuk melawan virus, bakteri, jamur, hingga parasit. Namun, kekuatan sistem kekebalan tubuh tiap orang tidaklah sama, dalam artian ada yang kuat ada yang lemah.

Saat daya tahan tubuh melemah, kemampuan tubuh melawan mikroorganismen pembawa penyakitpun menjadi berkurang. Akibatnya, kuman penyebab penyakit juga dapat dengan mudah menyerang dan menyebabkan infeksi, termasuk DBD.

BACA JUGA:Catat! 9 Penyebab Tubuh Mudah Lelah, Salah Satunya Kekurangan Vitamin B

BACA JUGA:6 Macam Pilihan Vitamin untuk Asam Lambung

Nah, salah satu cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan memperkuat sistem imunitas tubuh dan terhindar dari demam berdarah adalah dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C dalam tubuh.

Vitamin ini juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tubuh tetap kuat dalam melawan mikroorganisme penyakit penyakut dan mencegah penyakit menyebar.

Adapun jenis minuman yang mengadung Vitamin C yang bisa untuk menyembuhkan demam berdarah yakni sebagai berikut

1. Jus Jambu Biji

Jambu Biji dikenal salah satu jenis Vitamin C bisa untuk menyembuhkan demam berdarah. Hal ini dikarenakan, jambu biji diyakini dapat mempercepat pembentukan trombosit darah baru, serta membantu menghentikan pertumbuhan virus.

BACA JUGA:5 Macam Suplemen dan Vitamin untuk Mengatasi Alergi, Cocok Untukmu Penderita Alergi

BACA JUGA:5 Sumber Vitamin C yang Bagus untuk Dikonsumsi Saat Cuaca Panas Ekstrem

Selain itu, Vitamin C yang terkandung di dalam jambu niji ini juga dapat menjadi sumber kalsium dan mineral untuk tubuh. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan.

Jus Jambu Biji ini memang dapat dikonsumsi sebagai minuman untuk pasien DBD. Namun hanya dijadikan sebagai suplementasi, bukan sebagai obat utama.

2. Jus Daun Pepaya

Vitamin C bisa untuk menyembuhkan demam berdarah yang selanjutnya adalah daun pepaya. Jadi, selain jus jambu biji, jus daun pepaya merupakan cara efektif dalam membantu mengobati demam berdarah.

Sama seperti jus jambu biji, jus daun pepaya ini mampu membantu meningkatkan jumlah trombosit dan meningkatkan daya tahan tubuh pasen DBD.

BACA JUGA:Mencegah Nyeri Otot, Inilah 10 Daftar Suplemen Vitamin D Terbaik untuk Kesehatan Tulang

BACA JUGA:Tak Hanya Vitamin A, Ini Beberapa Vitamin yang Bermanfaat untuk Kesehatan Matamu, Apa Saja?

3. Air Kelapa

Seperti yang diketahui, selain memiliki rasa yang menyegarkan dan sedap diminum saat siang hari, air kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah membantu proses penyembuhan demam berdarah. Bahkan, minum air kelapa saat DBD sangat dianjurkan oleh dokter. Hal ini dilakukan untuk menghindari tubuh dari dehidrasi.

Jadi, air kelapa ini memberi nutrisi pada tubuh pasien DBD dan membuatnya terhidrasi. Di sini kalian bisa mengonsumsi air kelapa hingga dua gelas air kelapa setiap hari saat siang dan sore hari.

4. Teh Herbal

Selain air kelapa, teh herbal juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan demam berdarah.

Di sini pasien DBD dapat memilih berbagai jenis teh herbal yang ingin dikonsumsi. Mulai dari the jahe, the kapulaha, hingga teh kayu manis.

BACA JUGA:Tersedia di Apotek, 10 Suplemen Vitamin untuk Sendi dan Tulang yang Ampuh Redakan Nyeri

BACA JUGA:5 Efek Samping Makan Petai, Penderita Asam Urat Wajib Baca

Itulah 5 Jenis minuman yang mengandung Vitamin C yang dapat dikonsimsi pasied DBD untuk membantu proses penyembuhannya. Namun, selain mengonsumsi Vitamin C, kalian juga perlu melakukan langkah-langkah untuk mencegah demam berdarah.

Salah satunya adalah dengan menguras dan membersihkan tempat penampung air, seperti bak mandi, tempayan, ember, atau pot bunga secara rutin minimal satu minggu sekali. Selain itu juga jangan lupa untuk menutup rapat tempat penampungan air tersebut setiap selesai dipakai.

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa menghindari menumpuk barang bekas di dalam rumah atau lingkungan sekitar. Karena baran bekas yang menumpuk tersebut bisa menjadi sarang bagi nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan pembawa penyakit DBD. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: