Samapta Polres Pekalongan Patroli Hutan, Antisipasi Karhutla

Samapta Polres Pekalongan Patroli Hutan, Antisipasi Karhutla

Samapta Polres Pekalongan patroli hutan untuk antisipasi karhutla.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN – Antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Satuan Samapta Polres Pekalongan melaksanakan patroli hutan. Patroli kali ini menyasar wilayah Hutan Lindung Petungkriyono, Kamis, 5 Oktober 2023.

Dalam pelaksanaannya, anggota Unit Dalmas Satuan Samapta melaksanakan pemantauan dan penyusuran lokasi guna pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Pekalongan.

Kasat Samapta AKP Suhadi, dikonfirmasi menjelaskan, patroli hutan ini sebagai upaya dan respon cepat guna meminimalisir dampak kebakaran hutan dan lahan.

“Patroli hutan sangat penting untuk menjaga keamanan hutan, terutama dari kemungkinan kebakaran hutan,” ujarnya.

Baca juga:Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lebakbarang Giatkan Patroli Hutan

Baca lagi:Antisipasi Karhutla, Trabas Kamtibmas Jelajah Hutan Digelar Polres Pekalongan

Ia menambahkan, kebakaran hutan yang marak terjadi menuntut patroli dan pengawasan hutan harus dilakukan lebih rutin dan lebih ketat lagi. “Terutama jika musim kemarau panjang seperti saat ini, patroli dan pengawasan hutan harus lebih sering dilakukan,” imbuhnya.

Selain pemantauan wilayah hutan, pihaknya juga memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya kebakaran hutan.

“Penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian hutan. Selain itu, penyuluhan juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi penanganan kebakaran,” ungkap Kasat Samapta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: