Bingung Cara Klaim Asuransi Mobil? Berikut Cara Klaim Asuransi Mobil yang Mudah

Bingung Cara Klaim Asuransi Mobil? Berikut Cara Klaim Asuransi Mobil yang Mudah

Gambaran Proses Pengajuan Asuransi Mobil--Freepik

RADARPEKALONGAN - Cara klaim asuransi mobil merupakan sebuah tips yang dapat dilakukan seseorang dalam mendapat asuransi mobil ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, menabrak pembatas jalan, lecet pada saat proses parkir mobil, dan lain sebagainya.

Asuransi tersebut tentu memudahkan para pemilik mobil dalam proses reparasi ketika mengalami kerusakan karena tragedi.

Memiliki langkah perlindungan mobil seperti asuransi mobil akan sangat membantu dalam melindungi keuangan Anda, terutama jika terjadi kecelakaan atau kehilangan akibat pencurian.

BACA JUGA:Tunggu Apa Lagi? Ini Pentingnya Asuransi Mobil dan 6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Asuransi mobil akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan aman saat berkendara di jalan raya. Risiko yang sewaktu-waktu dapat timbul pada kendaraan akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Asuransi kendaraan atau asuransi kendaraan bermotor terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi komprehensif dan asuransi total loss only (“TLO”).

Secara umum TLO merupakan program asuransi yang hanya melindungi mobil terhadap dua jenis risiko, yaitu risiko kehilangan mobil karena pencurian dan kerusakan yang biaya perbaikannya melebihi 75% dari nilai pertanggungan.

Asuransi kendaraan komprehensif adalah asuransi yang melindungi segala jenis risiko atau kerusakan seperti tabrakan, tabrakan, terguling, terpeleset dan jatuh, risiko kehilangan kendaraan karena pencurian, kerusakan termasuk biaya perbaikan melebihi 75% dari nilai pertanggungan dan risiko lain yang timbul.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang menganggap proses dan cara klaim asuransi mobil terlalu rumit. klaim asuransi mobil merupakan hak  setiap pemegang polis yang juga menjadi tertanggung.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Asuransi Mobil Murah Terbaik, Harga Ekonomis untuk Proteksi Mobilmu

Mengklaim asuransi mobil sendiri tidaklah sulit, asalkan  memenuhi syarat dan ketentuan klaim. 

Berikut ini kami paparkan mengenai cara klaim asuransi mobil dengan instan dan mudah apabila mobilmu mengalami tragedi yang membuatnya menjadi lecet ataupun mengalami kerusakan.

Dokumen yang Dibutuhkan Klaim Asuransi Mobil

Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan saat kamu akan mengajukan klaim asuransi mobil yaitu sebagai berikut.

  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani
  • Fotocopy KTP Tertanggung
  • Fotocopy SIM Pengemudi
  • Fotocopy STNK Kendaraan yang akan diajukan klaim asuransinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: