Bantu Tangani Kekeringan, Pertamina Kirim 50 Truk Tangki Air Bersih untuk Warga Kalurahan Bangunjiwo Bantul

Bantu Tangani Kekeringan, Pertamina Kirim 50 Truk Tangki Air Bersih untuk Warga Kalurahan Bangunjiwo Bantul

Pertamina mengirimkan 50 truk tangki bantuan air bersih untuk warga di Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. -istimewa -

Bantul – Untuk membantu masyarakat di wilayah yang mengalami kekeringan dampak dari musim kemarau yang berkepanjangan, Pertamina kembali mengirimkan bantuan air bersih.

Kali ini bantuan diberikan untuk warga di Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Sekitar 50 mobil tangki yang masing-masing berkapasitas 5.000 liter air bersih, dikirim secara berangsur mulai Rabu Oktober 2023 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang lebih selama 14 hari.

Fuel Terminal Manager Rewulu PT Pertamina Patra Niaga, Wahyu Wijaya disela-sela penyerahan bantuan menjelaskan, air bersih yang disalurkan untuk warga tersebut merupakan wujud kepedulian Pertamina terhadap masyarakat yang terdampak bencana kekeringan.

BACA JUGA:Dipersiapkan Sejak Mei, 33.060.300 Liter Air Bersih Telah Disalurkan di Wilayah Terdampak Kekeringan di Jateng

BACA JUGA:15.238 Jiwa Terdampak Kekeringan di Kabupaten Pekalongan, Ini Sebarannya

"Sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang beroperasi di Kabupaten Bantul, Pertamina dalam hal ini Fuel Terminal Rewulu ingin turut serta berkontribusi membantu pemerintah dan masyaraka, khususnya dalam menanggulangi bencana yang terjadi di sekitar. Dalam hal ini kekeringan sebagai dampak kemarau panjang, sehingga warga membutuhkan air bersih," kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, dalam merespon kebutuhan warga, pihak Pertamina menjalin koordinasi dan kerjasama dengan sejumlah pihak terkait, salah satunya adalah dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul.

"Kami bekerjasama dengan BPBD Bantul dalam menentukan lokasi dan pengiriman bantuan air bersih. Penentuan lokasi itu sendiri didasarkan pada pemetaan kebutuhan yang telah dilakukan oleh BPBD Bantul, sehingga bantuan yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhannya,” terang Wahyu.

Pada kesempatan yang sama, Subkoordinator Kedaruratan BPBD Bantul, Gunawan Prasetya menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik kolaborasi pemberian bantuan air bersih yang dijalankan pihaknya dengan Pertamina.

BACA JUGA:Peduli Keseimbangan Ekosistem Laut, Pertamina Patra Niaga JBT Lakukan Pelepasliaran Penyu Lekang di Cilacap

BACA JUGA:Peduli Lingkungan, Pertamina Patra Niaga Gelar Coastal Clean Up dan Penanaman 10.300 Tanaman Laut

“Kami apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Pertamina atas peran aktifnya dalam menanggapi bencana yang terjadi akibat kekeringan. Tentu ini telah membantu tugas kami dalam menanggulangi kondisi di masyarakat," ungkap Gunawan.

Danang Dwi Amboro mewakili pemerintahan Kalurahan Bangunjiwo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pertamina kepada masyarakat di wilayahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: