Sambut Groundbreaking Pasar Banjarsari, Ratusan Pedagang Akan Kirab

Sambut Groundbreaking Pasar Banjarsari, Ratusan Pedagang Akan Kirab

Persiapan groundbreaking Pasar Banjarsari Kota Pekalongan-Ist/Dinkominfo-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN - Groundbreaking pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan akan dilaksanakan pada Rabu (11/10/2023).

Untuk menyambut groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Pasar Banjarsari ini, ratusan pedagang ex Pasar Banjarsari akan menggelar kirab.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) Kota Pekalongan, Supriono, mengatakan kirab menyambut groundbreaking pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini akan dilakukan oleh kurang lebih 500 pedagang. 

Kirab diikuti pula oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid beserta jajarannya, dan dimeriahkan atraksi drumband Mahad Islam.

Kirab ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa terima kasih dan kegembiraan ex pedagang Pasar Banjarsari atas akan dibangunnya lagi pasar yang pada tahun 2018 lalu ludes terbakar.

BACA JUGA:Akhirnya Nama Pemenang Lelang Proyek Pasar Banjarsari Diumumkan

BACA JUGA:Kontrak Proyek Pasar Banjarsari Ditandatangani, Pembangunan Ditarget Rampung 365 Hari

"Peserta kirab akan kumpul di Masjid Al Ikhlas Jetayu. Selanjutnya mengiringi Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid menuju lokasi groundbreaking, diiringi drumband Mahad. Rencananya akan ada 500 pedagang yang mengiringi," kata Supriono, Selasa (10/10/2023).

Supriono mengungkapkan bahwa groundbreaking akan dihadiri pula oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan beserta stafnya, Penjabat Gubernur Jateng, dan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Ditjen Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah.

"Mereka sudah terkonfirmasi akan hadir. Sedangkan untuk yang dari Kementerian PUPR belum konfirmasi " katanya.

"Kendati demikian dari Kota Pekalongan berbagai tokoh masyarakat, lurah, camat, Kepala OPD, dan lainnya akan turut. Kami targetkan 700 orang hadir," imbuh Supriono.

Pembangunan kembali Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini sudah lama dinanti-nanti masyarakat, khususnya eks pedagang Pasar Banjarsari yang saat ini masih menempati kios darurat di Sorogenen dan Jalan Patiunus.

Sebelumnya, Pasar Banjarsari ludes terbakar pada Sabtu, 24 Februari 2018. Kobaran api pertama kali muncul dari dalam salah satu ruangan di lantai 2.

Saat itu, kobaran api terus bertambah besar, sampai kemudian menghanguskan bangunan Pasar Banjarsari, Mall Borobudur, dan ribuan kios dan lapak pedagang pasar setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: