6 Cara yang Benar Belajar Mobil Matic untuk Pemula, Dijamin Langsung Lancar!

6 Cara yang Benar Belajar Mobil Matic untuk Pemula, Dijamin Langsung Lancar!

Tuas persneling mobil Honda BRV--Honda Indonesia

RADARPEKALONGAN - Cara yang benar belajar mobil matic untuk pemula merupakan tips yang dibutuhkan bagi yang masih tahap belajar untuk mengemudi mobil, khususnya mobil matic.

Cara mengemudikan mobil matic pada dasarnya berbeda dengan mobil dengan transmisi manual.

Perbedaan yang mencolok yaitu pada pedal kaki. Mobil transmisi manual memiliki tiga pedal yang terdiri dari gas, rem, dan kopling.

Sedangkan mobil matic hanya memiliki dua pedal saja, yaitu gas dan rem.

Selain itu, pada tuas persneling pada mobil matic juga berbeda bentuk dan cara pengoperasiannya daripada mobil dengan transmisi manual.

BACA JUGA:Bingung Cara Nyetir Mobil Matic? Berikut Arti dan Fungsi Persneling Mobil Matic yang Wajib Kamu Tau

Oleh karena itu, tentu kita sebagai pemula wajib mempelajari dasar-dasar dalam mengemudikan mobil matic terlebih dahulu agar tidak gerogi saat kita praktek secara langsung.

Berikut kami paparkan cara yang benar belajar mobil matic khusus bagi pemula yang belum pernah mengemudikan mobil matic.

Cara Belajar Mengemudikan Mobil Matic untuk Pemula

1. Hafalkan Fungsi Tuas Persneling

Tuas persneling menjadi pokok utama dalam belajar mengemudikan mobil matic. Tuas tersebut nantinya akan berfungsi untuk menjalankan mobil matic sesuai dengan kondisi jalan yang akan ditemui. 

Gigi P (parking) untuk parkir, gigi R (return/reverse) untuk berjalan mundur, gigi D (drive) untuk melaju ke depan, gigi N (neutral) menetralkan persneling, gigi 1 untuk berjalan di jalanan tanjakan atau turunan, gigi 2 untuk berjalan kecepatan sedang dan tinggi.

2. Letak Posisi Kaki

Mobil matic umumnya hanya memiliki dua pedal saja, yaitu pedal gas dan pedal rem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: