Baru Punya Mobil Matic, Inilah Cara Manasin Mobil Matic, Dijamin Transmisinya Gak Cepat Aus!

Baru Punya Mobil Matic, Inilah Cara Manasin Mobil Matic, Dijamin Transmisinya Gak Cepat Aus!

Ilustrasi memanaskan mobil matic--Instagram

RADARPEKALONGAN – Sepertinya artikel ini akan menarik, apalagi kamu baru pertama kali memiliki mobil matic, lalu bagaimana ya cara manasin mobil matic.

Bagi para pengguna mobil matic, pasti akan bertanya, apakah mobil matic perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai jalan, dan kalau perlu kira-kira berapa lama waktunya?

Jawabannya, panasin mobil matic itu perlu dilakukan, sebab ketika mesin baru dinyalakan rpmnya cenderung tinggi, bahkan bisa diatas 1.000 rpm kadang juga bisa 1.500 rpm.

BACA JUGA: Ingin Dilirik Tetangga, Beli Saja Mobil Keluarga Mewah Harga Murah, Dijamin Gak Nyesel!

Padahal idealnya mesin yang baru dinyalakan itu berada di rpm 700 rpm, nah alasan kenapa mobil matic perlu dipanaskan agar mencapai suhu ideal.

Sebab jika tidak mencapai suhu ideal, atau baru dinyalakan tidak dipanaskan terlebih dahulu, menimpa beberapa komponen di girboks menadi aus.

Lalu alasan kedua,kenapa mobil matic harus dipanaskan, karena ketika rpm sedang tinggi dan tuasnya langsung digeser, maka dapat menyebabkan gesekan atau beban yang berlebihan, antara kampas dan steering clutch.

BACA JUGA: Auto di Sayang Keluarga, Inilah Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta, Yakin Gak Tertarik?

Jika hal seperti itu terus menerus dilakukan, maka dapat menyebabkan mengkikisnya kampas dan juga kampas cepat menjadi aus.

Lalu jika mobil matic ini dipanaskan sebelum pergi jalan, kira-kira waktunya berapa lama ya, agar bisa ideal sempurna.

Untuk mobil matic keluaran terbaru dengan mobil matic keluaran lama tentu saja ada perbedaan, terutama usianya juga sudah berbeda.

BACA JUGA: Dijamin Makin Percaya Diri, Inilah Mobil Sport Murah yang Bisa Kamu Bawa Pulang!

Tentunya mobil matic keluaran lama, membutuhkan waktu untuk memanaskan mesinnya juga bisa lama sampai 5 sampai 10 menitan, sedangkan untuk mobil matic keluaran terbaru cukup 1 sampai 2 menit saja cukup, jika rpmnya sudah stabil.

Namun yang menjadi poin penting, sebenarnya bukan lama atau sebentar, namun apakah jarum rpmnya sudah menunjukkan angka yang ideal atau belum.

BACA JUGA: Cocok Dijadikan Bahan Cumi Darat, Inilah Mobil Diesel Bermesin Bandel, Dijamin Gak Nyesel!

Sebab ada beberapa kasus, mobil matic sudah dinyalakan lama namun rpmnya tidak mau naik, begitupun sebaliknya ada mobil matic yang baru dipanaskan rpmnya sudah stabil.

Artinya ketika putaran rpmnya sudah kembali ke angka yang ideal, maka tuas maticnya sudah bisa digeser untuk menjalankan mobilnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: