9 Jenis Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi

9 Jenis Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Makanan untuk menurunkan darah tinggi -ilustrasi Makanan untuk menurunkan darah tinggi -freepik.com

RADARPEKALONGAN - Makanan untuk menurunkan darah tinggi sangat penting diketahui oleh pasien hipertensi. Sebab, dengan  mengonsumsi makanan tersebut dipercaya dapat membantu proses penyembuhan darah tinggi.

Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi makanan untuk menurunkan darah tinggi, penderita akan terhindar dari komplikasi hipertensi yang dapat terjadi. Lantas apa saja jenis makanan penurun darah tinggi tersebut?

1. Sayuran Hijau

Makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita  darah tinggi yang pertama adalah sayuran hijau. Sayuran hijau di sini mulai dari kale, lobak hijau, selada, sawi, hingga bayam yang mengandung kalium, serat, hingga magnesium.

Di sini, kalian bisa mengonsumsi sayuran hijau ini dengan mengolahkan sebagai jus atau masakan yang berbahan sayur-sayuran tersebut.

BACA JUGA:Inilah 5 Macam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

BACA JUGA:Mampu Mencegah Penyakit Jantung, Berikut Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

2. Ikan Salmon

Karena kaya akan Omega-3 membuat ikan salmon ini menjadi makanan untuk hipertensi yang sangat dianjurkan.

Sebab, kandungan Omega-3 ini dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi peradangan serta menurunkan kadar oxylipin. Oxylipin sendiri merupakan senyawa yang dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Telur

Tidak hanya ikan salmon dan sayur-sayuran hijau, telur juga bisa menjadi pilihan makanan penurun tensi tinggi.

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian dari American Chemical Society menyatakan bahwa putih terlu ini dapat menjadi obat alami penurun darah tinggi.

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

BACA JUGA:Kaya akan Vitamin, 10 Buah untuk Menghilangkan Pusing Saat Hamil agar Badan Tak Lemas

4. Cokelat Hitam

Jika kamu mencari makanan untuk darah  tinggi yang memiliki rasa yang lezat, cokelat hitam bisa menjadi pilihan.

Selain digemari banyak orang, cokelat hitam ini juga bisa membantu memperbaiki suasana hati seseorang. Sehingga mampu untuk menstabilkan tekanan darah tinggi.

Manfaat ini didapatnya dari kandungan antioksdian yang disebut flavonoid yang mana mampu membuat pembuluh darah lebih elastis.

Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, penderita hipertensi dianjurkan mengonsumsi cokelath hitam tidak lebih dari 1 ons/hari. Selain itu, cokelat yang akan dikonsumsi tersebut juga setidaknya mengandung 70% kakao.

BACA JUGA:Inilah 5 Macam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

BACA JUGA:Belum Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Efektif, Kopi Hijau untuk Diet Justru Berisiko!

5. Oatmeal

Dikenal akan kandungan serat yang tinggi membuat oatmeal menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Sebab, kandungan serat dan biji-bijian dari oatmeal ini mampu menjaga tekanan darah agar selalu normal.

Tidak hanya mampu menurunkan darah tinggi. Bagi kalian para penderita obesitas, kandungan serat dalam oatmeal ini juga dapat membantu menurunkan berat badan, serta mempertahankan berat bada agar tetap ideal.

6. Bawang Putih

Bukan hal asing lagi jika bawang putih dipercaya sebagai makanan penurun darah tinggi. Hal ini dikarenakan, bawang putih memiliki kandungan allicin yang sangat baik bagi penderita hipertensi.

Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih mampu mempengaruhi pembuluh darah menjadi besar yang mengakibatkan tekanan darah juga dapat berubah.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Membuat Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi agar Mendapatkan Manfaat yang Optimal

BACA JUGA:Sering Merasa Lemas Tidak Karuan? Ini 7 Jus Buah Segar untuk Tingkatkan Stamina Tubuh

7. Chia Seeds

Chia Seeds kini sedang menjadi trending menjadi super food yang diklaium memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. salah satunya sebagai makanan untuk penurun darah tinggi.

Manfaat ini didapatnya dari kandungan magnesium, serat, dan kalium yang berperan penting untuk mengatur tekanan darah.

Bahkan, manfaat dari Chia Seeds ini dibuktikan dari sebuah penelitian dari Journal Plant Foods for Human Nutrition pada tahun 2014.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi Chia Seeds 35 gram setuap harinya selama 12 minggu dapat menurunkan kebutuhan dosis obat darah tinggi pada penderita hipertensi.

BACA JUGA:Begini 8 Cara Ampuh Atasi Rasa Capek dan Lemas dengan Ekstrak Multivitamin Jus Buah

BACA JUGA:Cegah Pengeroposan Tulang, Berikut 10 Manfaat Buah Alpukat Kaya Vitamin K

8. Minyak Zaitun

Bagi kalian penderita hipertensi yang biasanya menggunakan minyak sawit, kalian bisa nih menggantinya menggunakan minyak zaitun.

Sebab, minyak zaitun ini mengandung senyawa polifenol yang bisa menjadi obat pelengkap untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan polifenon ini dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membantu pembuluh darah tetap elastis.

9. Kacang Pistachio

Makanan penurun darah tinggi yang terakhir adalah Kacang Pistachio. Kacang Pistachio ini mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Berdasarkan penelitian meta analisis yang dilansir pada the American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2015 menyatakan bahwa di anatar semua jenis kacang yang diteliti, kacang pistachio sajalah yang memiliki efek yang paling signifikan dalam menurunkan tekanan darah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: