7 Tanaman yang Disukai Tikus, Jauhkan dari Pekarangan Rumah agar Tikus Tak Berdatangan

7 Tanaman yang Disukai Tikus, Jauhkan dari Pekarangan Rumah agar Tikus Tak Berdatangan

Salah satu tanaman yang disukai tikus ialah bunga matahari.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Keberadaan tikus di dalam rumah sangat meresahkan dan menganggu. Untuk itu hewan pengerat ini harus dijauhkan dari rumah. Salah satunya dengan tidak menanam tanaman yang disukai tikus.

Tikus ternyata menyukai jenis tanaman tertentu. Jika tanaman yang disukai Tikus ini ditanam di pekarangan atau di dekat rumah atau dibiarkan tumbuh liar di dekat rumah, maka bisa memancing Tikus untuk berdatangan ke rumah kita.

Jika tikus sudah masuk ke halaman atau pekarangan rumah, tikus berpotensi besar akan membangun sarangnya di dalam rumah kita. Bisa dibayangkan jika tikus sudah bersarang dan bereproduksi di dalam rumah, akan lebih susah untuk mengusirnya.

Oleh karena itu, salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan ialah dengan tidak menanam tanaman yang disukai tikus di sekitar rumah kita. Justru pilihlah tanaman yang dibenci oleh tikus untuk ditanam di sekitar rumah.

Baca juga:Tanaman Dibenci Tikus, Ada Yang Bisa Dijadikan Tanaman Hias untuk Usir Tikus Secara Alami

Ada beberapa tanaman yang dibenci oleh tikus. Tanaman ini pun bisa dijadikan tanaman hias untuk memperindah lingkungan sekitar rumah kita atau untuk apotek hidup. Sebut saja ada tanaman mint, lavender, peppermint, rosemary, daun salam, dan bawang putih.

Jika kita ingin menanam tanaman yang disukai tikus, tanamlah yang jauh dari rumah. Agar tikus tak mendekati lingkungan di sekitar rumah kita. 

Berikut ini beberapa tanaman yang disukai oleh tikus dilansir dari beberapa sumber:

1. Rumput liar atau gulma

Jangan pernah beri kesempatan gulma atau rumput liar tumbuh subur di halaman atau pekarangan rumah. Selain menandakan pemilik rumah kurang menjaga kebersihan dan kerapian rumah, gulma dan rumput liar juga merusak pemandangan. Bahkan, parahnya gulma dan rumput liar ini bisa memancing tikus datang ke rumah.

Baca lagi:Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

2. Pohon buah-buahan

Jangan menanam stroberi, blueberi, raspberi, blackberi, apel, pir, dan tanaman yang buahnya manis dan tinggi kandungan air lainnya di dekat rumah. Sebab, tikus sangat menyukai makanan manis dan tinggi kandungan air seperti stroberi. 

3. Tanaman penutup tanah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: