Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Ilustrasi tikus dan bahan untuk mengusir tikus-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Tikus di dalam rumah sangat menganggu. Rumah jadi kotor dan tidak nyaman. Bahkan, tikus tak hanya membawa penyakit, tikus juga kerap merusak dan memakan apa saja yang ada di rumah. 

Binatang pengerat ini biasa muncul di dalam rumah pada malam hari. Tikus akan menghabiskan makanan dan sisa lauk yang tertinggal atau dibiarkan terbuka. Kabel listrik juga kerap dirusak oleh Tikus hingga bisa menyebabkan korsleting listrik.

Mirisnya, tikus kerap meninggalkan kotorannya, baik dalam bentuk air liur, bulu, urine, atau tinja saat mengobrak-abrik meja makan dan isi dapur. Kotoran tikus ini berisiko menyebabkan masalah kesehatan, mulai dari leptospirosis, infeksi virus hanta, hingga tifus.

Dengan berbagai dampak buruk tikus di dalam rumah, maka tikus harus diusir atau dibasmi dari dalam rumah.

Baca juga:Simak Ini, Cara Efektif Mengusir Tikus dari Rumah, Bisa Dibuktikan

Berikut cara mengusir tikus dari rumah yang praktis dan ampuh yang sebagian besar caranya menggunakan bahan-bahan yang kerap ada di dapur rumah seperti dilansir Radarpekalongan.id, detik.com, dan sumber lainnya.

1. Tutup lubang di rumah 

Celah atau lubang di dalam rumah akan menjadi pintu masuk tikus, baik itu lubang atau celah di atap maupun di lantai. Oleh karena itu, temukan segera lubang masuk tikus dan tutup dengan semen sehingga tak ada celah tikus bisa masuk ke dalam rumah. 

2. Menggunakan bawang bombai

Bawang bombai miliki aroma menyengat yang tidak disukai tikus. Untuk mengusir tikus dengan bawang bombai, caranya mudah. Hanya dengan meletakkan irisan bawang bombai di area yang biasa menjadi sasaran tikus. Usai bawang membusuk, ganti dengan yang baru.

3. Menggunakan lada hitam

Kandungan kimia dalam lada hitam bisa membuat tikus iritasi dan tak nyaman. Dengan menumbuk lada hitam agar halus lalu ditebarkan ke area yang menjadi sarang tikus. 

4. Menggunakan adonan soda kue

Adonan soda kue juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Jika tikus mengonsumsi soda kue akan merasa tertekan. Karena ada gas yang memenuhi lambung tikus. Sehingga tikus tidak tenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: