Tanaman Dibenci Tikus, Ada Yang Bisa Dijadikan Tanaman Hias untuk Usir Tikus Secara Alami

Tanaman Dibenci Tikus, Ada Yang Bisa Dijadikan Tanaman Hias untuk Usir Tikus Secara Alami

Salah satu tanaman yang dibenci tikus ialah mint, sehingga tanaman ini bisa ditanam di sekitar rumah untuk mengusir tikus.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Jangan dulu gunakan racun untuk basmi tikus di rumah karena tak ramah lingkungan dan bisa membahayakan penghuni rumah, terutama anak-anak. 

Kita bisa gunakan cara alami untuk mengusir tikus dari lingkungan rumah. Salah satunya dengan memelihara tanaman yang dibenci tikus. Dengan cara alami ini akan lebih aman dan ramah lingkungan.

Jika tidak diusir dari dalam lingkungan rumah, tikus akan meresahkan. Bukan sekadar mengacak-acak isi rumah dan rumah tampak kotor serta kumuh, namun tikus juga membawa penyakit seperti leptospirosis.

Bahkan tikus bisa menimbulkan bencana lebih besar. Misalnya jika tikus menggigit kabel listrik yang mengakitkan hubungan arus pendek, sehingga bisa memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga:Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Baca lagi:Simak Ini, Cara Efektif Mengusir Tikus dari Rumah, Bisa Dibuktikan

Berikut ini adalah tujuh tanaman yang dapat ditanam di sekitar rumah, agar tikus tak mendekati rumah kita lagi.

1. Mint

Dengan aroma yang segar dan tajam, tanaman mint tidak disukai oleh tikus. Kita bisa menanamnya di sekitar jendela, pintu, atau area lain yang cenderung menjadi jalur masuk tikus. Manfaat lainnya, daun mint juga bisa digunakan sebagai bumbu masak.

2. Lavender

Meskipun aromanya harum dan menenangkan bagi manusia, namun tanaman lavender tidak disukai oleh tikus. 

Tanam lavender di pekarangan rumah atau tanam di pot. Letakkan pot di dalam rumah untuk mengusir tikus. Cara lainnya, keringkan bunga lavender dan letakkan di tempat-tempat yang rawan dilewati tikus atau disarang tikus.

3. Peppermint

Aroma peppermint lebih kuat dibandingkan mint. Tikus sangat tidak menyukai aroma perpemint. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: