Tak Sekadar Naik Kelas, QQ Rose Catering Mampu Rangkul Puluhan Bakul Jajan Setelah Gabung Blangkon Jateng

Tak Sekadar Naik Kelas, QQ Rose Catering Mampu Rangkul Puluhan Bakul Jajan Setelah Gabung Blangkon Jateng

GUNAKAN - Tim QQ Rose Catering Batang, Siyam Rusmawati (kanan) dan Ulil (kiri) saat menggunakan aplikasi Gratis Ongkir Blangkon Jateng. Sejak Bergabung dengan Blangkon Jateng usaha catering UMKM asal Kabupaten Batang ini meningkat tiga kali lipat-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

Hadirnya Blangkon Jateng turut mendukung UMKM di Jawa Tengah naik kelas, khususnya melalui pemanfaatan platform digital.  Adanya kerja sama dengan marketplace Gratis Ongkir semakin efektif memperluas jangkauan pemasaran. Layanan ini juga ikut dirasakan manfaatnya oleh UMKM asal Kabupaten Batang, QQ Rose Catering. Selain menghasilkan lebih banyak orderan, mereka juga mampu merangkul mitra dari puluhan bakul jajan. Seperti apa?

 

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Kesibukan sudah nampak di rumah produksi QQ Rose Catering yang berada di Jalan Arjuna Perum Korpri Batang, sejak Selasa pagi (24/10/2023). Menjelang siang, owner QQ Rose Catering, Siyam Rusmawati (45) pun mulai menata aneka jajan pesanan pelanggan. 

Kali ini ada pesanan ratusan snack box, dari wilayah Kecamatan Bandar. Ada sempolan, bolu gula aren, risoles ayam, dan dilengkapi jus alpukat. Dibantu kedua rekannya, Bani (33) dan Ulil (28) mereka sudah melakoni kesibukan ini selama tiga bulan terakhir. 

"Alhamdulillah, setahun setelah menggunakan Gratis Ongkir Blangkon Jateng, orderan tambah banyak. Tiga bulan terakhir ini omzet alhamdulillah kisaran 350 Juta lebih. Padahal biasanya paling banter Rp100 juta per bulan," ujar perempuan yang kerap dipanggil Mami Rose ini. 


SIAPKAN PESANAN - Tim QQ Rose Catering saat menyiapkan Snack box pesanan pelanggan pesanan dari Gratis Ongkir Blangkon Jateng-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

Lewat Gratis Ongkir Blangkon Jateng ini pun, ia bisa menerima pesanan dari instansi mana saja, tak hanya dari Kabupaten Batang. Seperti beberapa waktu lalu, ia juga bisa mendapatkan order dari salah satu OPD di Pemprov Jateng. 

"Pas ada program Pak Ganjar mengajar di SMAN 1 Subah awal Maret lalu, kami juga langsung dapat orderan dari Semarang. Alhamdulillah jadi semakin moncer setelah menggunakan Gratis Ongkir Blangkon Jateng," imbuh ibu tiga anak ini. 

Meski cukup banyak orderan, ia mengaku tidak kelimpungan. Pasalnya usaha ini tak dijalankan sendirian. QQ Rose Catering turut menggandeng puluhan bakul jajan yang tergabung dalam Paguyuban Bakul Jajan Batang (Pakujabat)

"Sekarang itu prinsipnya kolaborasi, bukan kompetisi. Kebetulan saya yang sudah terdaftar di Gratis Ongkir Blangkon Jateng, saya juga rangkul teman-teman lainnya yang belum. Jadi ketika banyak orderan, atau orderan dadakan, QQ Rose Catering selalu siap. Karena kita punya banyak mitra," jelasnya.  

Batang Peringkat 1 Transaksi Terbesar di Blangkon Jateng

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Batang, Tatang Sontani menyebut Blangkon Jateng hadir sejak tahun 2021 di Batang. Lalu di tahun 2022 Blangkon Jateng pun bermitra dengan Marketplace Gratis Ongkir. 

Lewat aneka Pelatihan yang digelar, kini sudah ada sekitar 549 penyedia Gratis Ongkir di Kabupaten Batang. Tak hanya pelaku yang punya badan usaha, program ini juga merangkul sektor UMKM di Batang. 

"Blangkon Jateng turut memberikan peluang bagi UMKM untuk berinovasi, dan berkreasi menciptakan ide untuk hasil yang lebih baik. Oleh karenanya, pelatihan dan sosialisasi ini akan terus kami lakukan. Selain itu ke depan kami juga akan bekali pelatihan sertifikasi TKDN bagi UMKM," imbuhnya. 

Terpisah, Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto menyebut, hadirnya Blangkon Jateng ikut mendukung UMKM di Batang naik kelas. Bahkan data Blangkon Jateng per Oktober ini menempatkan Kabupaten Batang, sebagai peringkat 1 transaksi terbanyak se-Jawa Tengah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: