Tersengat Listrik saat Perbaiki Travo, Karyawan PLN di Kabupaten Pekalongan Alami Luka Bakar 60 Persen

Tersengat Listrik saat Perbaiki Travo, Karyawan PLN di Kabupaten Pekalongan Alami Luka Bakar 60 Persen

Karyawan PLN tersengat listrik saat perbaiki travo di tiang listrik setinggi 6 meter di Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Seorang pekerja yang menangani pemeliharaan jaringan PLN mengalami kecelakaan kerja. Korban bernama Winarso (39), karyawan PLN, warga Desa Pendowo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang tersengat listrik di ketinggian 6 meter. 

Korban Winarso juga mengalami luka bakar 60 persen. Pekerja PLN ini dirawat di RSI Pekajangan.

Kapolsek Kedungwuni AKP Giyarto, menerangkan, korban tersengat listrik saat melaksanakan pemeliharaan jaringan dengan memperbaiki dan menambah daya beban travo di tiang listik di Jalan Raya Pakisputih, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jumat, 10 November 2023, sekitar pukul 09.30 WIB.

Ia menyebut korban bernama Winarso (39), karyawan PLN, warga Desa Pendowo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pekalongan.

"Akibat tersengat listrik, korban terpental dari ketinggian 6 meter. Korban menggunakan tali pengaman sehingga tidak jatuh ke tanah," terang Giyarto.

Baca juga:Pekerja Tersengat Listrik saat Pasang MMT Bacaleg DPR RI di Pekalongan, Proses Penyelamatan Dramatis

Diterangkan, korban pagi itu kerja bersama dua rekannya, yakni Sasmito (37), karyawan PLN, warga Desa Gebangkerep, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, dan Dajan (49), karyawan PLN, warga Dusun Gintung RT 08 RW 02, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang.

Ketiganya melaksanakan pemeliharaan jaringan dengan memperbaiki dan menambah daya beban travo di tiang listrik di Jalan Raya Pakisputih, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. 

Menurutnya, perbaikan jaringan listrik ini dilaksanakan lantaran dalam beberapa hari ini PLN Unit Kedungwuni menerima laporan dari warga Desa Pakisputih jika sering terjadi adanya listrik padam. Untuk tindak lanjut dari PLN bersama vendor yang telah bekerjasama dengan PLN maka pada hari itu dilaksanakan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik di wilayah itu. 

"Proses pemeliharaan jaringan dilaksanakan oleh tiga orang, termasuk korban," kata dia.

Baca juga:Perbaiki Lampu Penerangan Madrasah, Edi Tewas Tersengat Listrik

Kondisi pada saat perbaikan dan pemeliharaan tersebut cuaca cerah. Ketinggian tiang listrik sekitar 6 meter. Korban merupakan teknisi yang langsung melakukan pemasangan travo. 

Namun diduga kurang hati-hati, terjadi ledakan dan kemudian korban tersengat aliran listrik yang mengakibatkan korban terpental dari atas tiang listrik. Beruntung korban menggunakan tali pengaman sehingga tidak langsung membentur tanah.

Atas kejadian tersebut, korban mendapat pertolongan oleh anggota Polsek Kedungwuni yang masih melaksanakan patroli dan dibawa ke rumah sakit RSI Pekajangan untuk mendapatkan perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: