Launching Pelatihan Future Job, Caswiyono: Persiapkan Anak Muda Menjemput Bonus Demografi

Launching Pelatihan Future Job, Caswiyono: Persiapkan Anak Muda Menjemput Bonus Demografi

Stafsus Menteri Ketenagakerjaan RI Caswiyono Rusydie CW me-launching Pelatihan Future Job pada event TKM Expo 2023 di Kota Pekalongan, Sabtu malam (11/11/2023).-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN - Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI Caswiyono Rusydie Cakrawangsa me-launching Pelatihan Future Job pada event Tenaga Kerja Mandiri Expo (TKM Expo) 2023 yang mengambil tema "Creative 'n Wonderful Festival (CWF)" bertempat di Lapangan Mataram, Kota Pekalongan, pada Sabtu malam (11/11/2023).

Pada pelatihan Future Job ini, Kemnaker melalui Direktorat Bina Perluasan Kerja Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, membuka 70 paket pelatihan pada 12 kejuruan.

Adapun program kejuruan dimaksud, meliputi bidang-bidang keahlian yang dibutuhkan di masa kini dan mendatang, di antaranya videografi, desain grafis, product design, fotografi, digital marketing, virtual event organizer, mobile aplication, content creator, multimedia, web developer, animasi, serta data science.

TKM Expo 2023 di Kota Pekalongan ini sendiri dibuka sejak Jumat (10/11/2023), dan ditutup pada Sabtu malam (11/11/2023).

BACA JUGA:Wadahi Komunitas dan TKM, Kemnaker RI Adakan CWF-TKM Expo 2023 di Kota Pekalongan

Pembukaan dihadiri oleh Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker RI Iwan Darmawan, didampingi Stafsus Menteri Ketenagakerjaan RI Caswiyono Rusydie CW.

Turut serta dalam pembukaan, Sekda Kota Pekalongan Nur Priyantomo. Hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Pemalang.

TKM Expo ini diikuti puluhan TKM dari Kota Pekalongan, Batang, Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan. Serta sejumlah komunitas dan UMKM dari Kota Pekalongan dan sekitarnya.

Menurut Caswiyono, TKM Expo merupakan sarana yang strategis untuk dapat menjalin jejaring kemitraan bagi sesama peserta expo. "Kegiatan ini menjadi sarana yang tepat untuk mempromosikan produk serta memperkuat jaringan kemitraan antara pelaku wirausaha," kata pria asal Batang yang akrab disapa Kang Caswi ini.

Caswiyono mengungkapkan, hal yang paling dibutuhkan masyarakat sekarang ini adalah kreativitas, inovasi, dan keterampilan serta imajinasi dalam memproduksi barang atau jasa.

"Karena itu sangat penting untuk terus menciptakan lapangan kerja yang baru di saat orang sedang berlomba-lomba mencari lowongan kerja," ujarnya.

BACA JUGA:Kemnaker Mulai Latih Warga Desa Penyangga KITB

BACA JUGA:Warga Desa Penyangga Batang Industrial Park Dilatih Sertifikasi Kompetensi Konstruksi oleh Kemnaker

Selain itu, imbuh Caswiyono, tujuan dari TKM Expo ini sebagai interaksi masyarakat untuk mendapatkan dukungan dalam mencapai keberhasilan program perluasan kesempatan kerja. "Saya menginginkan ke depannya geliat TKM, ekonomi, dan UMKM semakin kreatif dan berkembang secara berkelanjutan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: