Sukses dengan Karyanya, Ini Biografi J.K. Rowling Sang Penulis Harry Potter yang Pernah Hidup Terlunta-lunta

Sukses dengan Karyanya, Ini Biografi J.K. Rowling Sang Penulis Harry Potter yang Pernah Hidup Terlunta-lunta

Sukses dengan Karyanya, Ini Biografi J.K. Rowling Sang Penulis Harry Potter yang Pernah Hidup Terlunta-lunta--

J.K. Rowling dilahirkan di Inggris pada tanggal 31 Juli 1965 dari seorang ibu bernama Anne. Dia diberi nama Joanne Rowling dan inisal K dalam nama penanya berasal dari Kathleen yang merupakan nama dari sang nenek.

Sang ayah yang bernama Peter merupakan seorang insinyur pesawat terbang di Rolls Royce, sedangkan ibunya merupakan teknisi Sains di Departemen Kimia tempat Rowling kemudian mengenyam pendidikan.

Rowling memiliki seorang adik bernama Dianne yang usianya terpaut dua tahun lebih muda dari dirinya.

Sayangnya, keluarga Rowling bukanlah keluarga yang harmonis. Sang ayah cenderung tidak pernah peduli dengan kondisi keluarganya, sedangkan ibunya mengalami sakit yang cukup lama hingga meninggal saat Rowling masih cukup belia.

Inilah yang menumbuhkan kebencian dalam diri Rowling terhadap sang ayah hingga dia menolak berbicara kepadanya selama bertahun-tahun. Dia tinggal bersama ibu dan adiknya setelah kedua orang tuanya berpisah.

Jalan Terjal Menjadi Seorang Penulis

Di tahun 1990, Rowling mengalami fase kehidupan yang cukup berat. Dia harus menerima kenyataan bahwa sang ibu meninggal dan dia harus kehilangan pekerjaan setelahnya. Situasi ini menekan Rowling untuk membuat keputusan untuk kabur atau tinggal.

Hingga pada tahun 1991, Rowling membuat keputusan untuk pindah ke Portugal dan menjadi pengajar bahasa Inggris di sana tanpa melepaskan hobinya sebagai penulis.

Di tempat tinggalnya yang baru, Rowling bertemu dengan wartawan bernama Jorge Arantes dan menikah dengannya di kemudian hari.

Pasangan ini dikarunia seorang anak pada tahun 1993, tidak jauh dari waktu pernikahan mereka. Namun, kehidupan rumah tangga keduanya tidak berjalan mulus. Sang suami melakukan kekerasan hingga berakhir pada perceraian.

Sejak saat itu, Rowling bersama putrinya memutuskan untuk tinggal di Skotlandia dan hidup dari uang bantuan pemerintah yang tidak seberapa.

Namun, di fase ini Rowling tidak pernah menyerah. Dia tetap menulis serial Haryy Potter yang ide pertamanya muncul di tahun 1990. Hingga lima tahun kemudian, yakni tahun 1995, dia berhasil menyelesaikan bagian pertama dari novelnya.

Lagi-lagi tidak diberikan jalan yang mudah, Rowling harus mengerahkan usahanya agar novel yang dia buat diterima oleh penerbitan.

Usahanya ini baru membuahkan hasil di tahun 1997 di mana karya pertama Rowling diterbitkan dan mendapatkan perhatian dan minat pembaca yang besar.

Inilah yang menjadi awal mula tersohornya nama J.K. Rowling dengan karya fenomenal Harry Potter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: