3 Kiat Bangun Subuh, Yuk Raih Keutamaan Shalat Subuh yang Luar Biasa

3 Kiat Bangun Subuh, Yuk Raih Keutamaan Shalat Subuh yang Luar Biasa

Ilustrasi shalat Subuh di masjid.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jangan malas shalat Subuh! Berikut tiga kiat bangun Subuh, agar tidak bangun kesiangan, mulai dari tidak begadang, mengamalkan adab-adab tidur hingga memasang alarm.

Bangun shalat Subuh sangat penting. Banyak keutamaannya. Diantaranya, menjaga shalat Subuh dapat jaminan masuk surga. 

Dalilnya, dari Abu Musa radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain, yaitu shalat Subuh dan Asar, maka dia akan masuk surga." (HR Bukhari dan Muslim)

Keutamaan shalat Subuh kedua, tidak akan masuk neraka. Ini berdasarkan hadist dari Umaroh bin Ruwaibah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari, yaitu shalat Subuh, dan shalat sebelum tenggelamnya matahari, yaitu shalat Asar." (HR Muslim)

Baca juga:8 Manfaat Shalat Berjamaah, Tak Sekedar Raih Pahala 27 Derajat

Selain itu, siapa yang menjaga shalat Subuh akan mendapatkan jaminan Allah. Dari Jundab bin Abdillah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang shalat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu, janganlah menyakiti orang yang shalat Subuh tanpa jalan yang benar. Jika tidak, Allah akan menyiksanya dengan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam." (HR Muslim)

Keutamaan shalat Subuh lainnya ialah shalat Subuh disaksikan oleh para malaikat. Allah Ta'ala berfirman dalam surat Al Isra ayat 78: "Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula shalat Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan oleh malaikat."

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat Subuh. "Abu Hurairah berkata, 'Bacalah ketika itu sesukamu karena Allah Ta'ala berfirman,'Lakukanlah shalat Subuh karena sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan oleh malaikat'". (HR Bukhari dan Muslim)

Shalat Subuh itu berat bagi orang-orang munafik. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Subuh dan shalat Isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak." (HR Bukhari)

Baca lagi:Dzikir dan Doa Usai Shalat Fardhu Sesuai Sunah

Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan bahwa semua shalat itu berat bagi orang munafik sebagaimana disebutkan dalam firman Allah dalam surat At Taubah ayat 54: "Dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas."

Akan tetapi, shalat Isya dan shalat Subuh lebih berat bagi orang munafik karena rasa malas yang menyebabkan enggan melakukannya.

Karena shalat Isya adalah waktu di mana orang-orang beristirahat. Sedangkan waktu Subuh adalah saat nikmatnya tidur. 

Dengan keutamaan shalat Subuh yang luar biasa itu, maka jangan pernah malas shalat Subuh. Agar bisa bangun shalat Subuh, coba tiga kiat bangun Subuh berikut ini yang dilansir dari rumasysho:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: