15 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

15 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

buah dan sayur penurun kolesterol tinggi--freepik.com/kamranaydinov

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang buah dan sayur penurun kolesterol tinggi

Kolesterol adalah lemak yang secara alami diproduksi oleh hati dan mengalir dalam darah manusia.

Secara normal, kolesterol memiliki fungsi untuk membangun dinding pada sel atau membran sel dalam tubuh.Tidak hanya itu, kolesterol juga secara alami dapat membantu memproduksi vitamin D.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat menjadi mimpi buruk! Kadar kolesterol yang tinggi dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkatkan penumpukan plak (timbunan lemak, kalsium, dan kolesterol) di dalam arteri dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. 

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi, tentunya apa yang kita makan sangat berpengaruh. Ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, lho!

BACA JUGA:Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini Dia 5 Resep Jamu Tumbuk untuk Turunkan Asam Urat dan Kolesterol

BACA JUGA:Penderita Kolesterol Wajib Baca! Ini Dia 4 Jus Buah Penurun Kolesterol Jahat, Turunkan Kolesterol Dengan Cepat

Simak 15 buah dan sayur penurun kolesterol tinggi.

1. Apel

Buah dan sayur penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah apel. Apel dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, serat pektin dalam apel berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

Apel juga dapat memperlambat oksidasi yang merupakan salah satu faktor penyebab aterosklerosis. Tidak hanya itu, kandungan polifenol pada apel juga mampu mencegah radikal bebas yang dapat merusak otot jantung dan pembuluh darah.

2. Anggur

Anggur merah dapat mengurangi masalah kolesterol jahat. Anggur memiliki serat yang dapat larut dalam pembuluh darah dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, anggur juga mengandung antioksidan polifenol yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: