Ternyata Inilah 5 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Lansia, Nomor 4 Jarang Kamu Sadari

Ternyata Inilah 5 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Lansia, Nomor 4 Jarang Kamu Sadari

penyebab kolesterol tinggi pada lansia --freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Penyebab kolesterol tinggi pada lansia sangat penting untuk diketahui. Sebab, orang tua atau lansia yang memiliki kolesterol tinggi, sangat beresiko mengalami gangguan kesehatan yang serius. 

Masalah kesehatan serius yang biasa dialami oleh penderita kolesterol tinggi antara lain stroke hingga serangan jantung. 

Kolesterol LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol dalam arteri. Semakin tinggi kadar LDL dalam darah, semakin besar kemungkinan terkena penyakit jantung.

Kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) kadang-kadang disebut kolesterol baik. HDL membawa kolesterol dari tubuh dan kembali ke hati.

Hati akan membuang kolesterol dari tubuhmu. Semakin tinggi kadar kolesterol HDL kamu, semakin rendah peluang terkena penyakit jantung.

Orang dengan kolesterol tinggi memiliki peluang lebih besar terkena penyakit jantung. Kolesterol tinggi itu sendiri tidak menimbulkan gejala, sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol mereka terlalu tinggi. 

Kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri. Penumpukan kolesterol ini disebut plak. Seiring waktu, plak menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Ini disebut aterosklerosis, atau pengerasan arteri. Arteri khusus, yang disebut arteri koroner, membawa darah ke jantung. 

BACA JUGA:Ampuh Turunkan Kolesterol dengan Cepat, Ini Dia Minuman Penurun Kolesterol yang Wajib Dicoba

BACA JUGA:Mudah Dilakukan, Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat ala dr Zaidul Akbar, Hanya Dengan Kelapa Muda

Penyempitan arteri koroner akibat plak dapat menghentikan atau memperlambat aliran darah ke jantung. Ketika arteri menyempit, jumlah darah yang kaya akan oksigen dapat berkurang. Ini disebut penyakit arteri koroner (CAD).

Area plak yang luas dapat menyebabkan nyeri dada yang disebut angina. Angina terjadi ketika jantung tidak menerima darah yang kaya akan oksigen. 

Beberapa plak memiliki lapisan tipis dan pecah, yang melepaskan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah. Pelepasan lemak dan kolesterol dapat menyebabkan darah menggumpal.

Gumpalan dapat menghalangi aliran darah. Penyumbatan ini menyebabkan angina atau serangan jantung. Menurunkan kadar kolesterol dapat menurunkan pecahnya plak dan serangan jantung. 

Menurunkan kolesterol juga dapat memperlambat, mengurangi atau bahkan menghentikan pembentukan plak. Plak dan masalah kesehatan yang ditimbulkannya juga dapat terjadi pada arteri di tempat lain dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: