Dijamin Ampuh, Inilah 8 Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat dan Mudah

Dijamin Ampuh, Inilah 8 Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat dan Mudah

buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol --freepik.com/freepik

Efek ini dihasilkan oleh antioksidan yang tinggi pada buah anggur. Antioksidan membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL serta trigliserida.

Sama halnya dengan buah lainnya, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kelebihan kolesterol yang diserap di usus kecil.

6. Pepaya

Buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol selanjutnya adalah pepaya. Pepaya cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Terlebih lagi, buah penurun kolesterol ini mengandung antioksidan, seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Berbagai antioksidan dalam pepaya bekerja dengan enzim paraxonase untuk menghambat penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah.

Hal ini pada gilirannya mencegah aterosklerosis, penyakit yang terjadi ketika plak menutupi arteri Anda.

7. Kiwi

Sebuah studi dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition (2009) menemukan bahwa buah kiwi dapat membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL dalam tubuh.

Menurut penelitian tersebut, konsumsi dua buah kiwi setiap hari selama seminggu ke depan dapat membantu mengontrol kolesterol dengan baik.

Selain itu, buah penurun kolesterol ini juga dapat meningkatkan asupan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, seperti serat larut air, vitamin C, dan vitamin E.

8. Tomat

Tomat, baik dalam bentuk segar, jus, atau saus, mengandung senyawa tanaman yang disebut likopen. Senyawa ini membantu mengurangi kadar LDL dalam aliran darah.

Selain itu, kandungan serat dalam buah penurun kolesterol ini meningkatkan kemampuan HDL dalam tubuh untuk kebal terhadap proses oksidasi. Artinya, kolesterol baik ini tidak mudah dihancurkan di dalam tubuh.

Kamu bisa dengan mudah menambahkan irisan tomat segar atau saus tomat ke dalam hidangan sehat untuk penderita kolesterol tinggi.

Selain mengonsumsi buah-buahan di atas, kamu juga perlu rutin mengonsumsi obat kolesterol untuk mengontrol kadarnya di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: