Peringati Hari Menanam Pohon, PT BPI Bekerjasama DLHK Jateng Gekar Gerakan Kolaborasi Desa Peduli DAS LESTARI

Peringati Hari Menanam Pohon, PT BPI Bekerjasama DLHK Jateng Gekar Gerakan Kolaborasi Desa Peduli DAS LESTARI

Presiden Direktur BPI Ryuta Sato dan Direktur Operasional Yoshimitsu Fujii secara simbolik melakukan penanaman bersama secara simbolik berserta Asisten 2 Sekda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, Widi Hartanto-istimewa -

BATANG – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, PT Bhimasena Power Indonesia atau BPI  bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah (DLHK Jateng) menggelar Gerakan Kolaborasi Desa Peduli Daerah Aliran Sungai (DAS) Lestari di Desa Tombo Kabupaten Batang, Selasa 28 November 2023.

Presiden Direktur BPI Ryuta Sato dalam sambutannya mengatakan, program tersebut merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan, sekaligus memenuhi arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten Batang melakukan pengendalian kerusakan hutan/lahan.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan peningkatan tutupan lahan. Selain itu juga meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Batang, melalui gerakan menanam pohon di daerah aliran sungai, khususnya di Lahan Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial," jelas Ryuta Sato.

Pada kesempatan itu PT BPI menyerahkan dua jenis Multipurpose Trees Species/MPTS, terdiri dari 2.000 bibit kopi robusta, dan 1.700 bibit jeruk keprok. Bantuan diberikan kepada Pemerintah Desa Tombo.

"Tujuan pemberian bantuan yaitu untuk mempercepat pulihnya sumberdaya hutan, mengurangi erosi, sedimentasi dan run-off. Selain itu juga untukmeningkatkan daerah resapan air, dan meningkatkan kualitas daya dukung DAS Lestari di Desa Tombo," terang Ryuta Sato.

Ryuta Sato juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Batang, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah atas kerjasama yang terjalin.

Sementara itu, Asisten 2 Pemprov Jateng, Sujarwanto sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh BPI. Mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat untuk keseimbangan alam.

"BPI sangat luar biasa, meskipun PLTU ada di wilayah pantai, namun melakukan gerakan menanam pohon di Desa Tombo, yang sangat jauh dari PLTU. Kepedulian terhadap lingkungan sangat luar biasa, dan ini harus bisa menjadi percontohan perusahaan lain," tegas Sujarwanto.

Sujarwanto juga menyampaikan agar Gerakan penanaman yang dilakukan oleh BPI harus terus digalakkan dan dirawat, semoga tidak hanya di desa Tombo saja, tapi di desa desa lainnya.

Peran BPI dalam pembangunan, pelestarian alam, kesehatan, pendidikan dan budaya sangat luar biasa. Sangat membantu program pemerintah dalam berbagai sektor.

Kepala Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, Widi  Hartanto juga sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPI yang selalu ikut berperan aktif dalam program lingkungan hidup.

"Program DAS Lestari menjadi salah satu bukti kepedulian terhadap lingkungan untuk penyeimbamg alam," kata Widi Hartanto.

Hal senada disampaikan oleh Asisten 2 Setda Batang, Asri Hermawan yang juga mengucapkan terima kasih atas kegiatan Das Lestari, gerakan rehabilitasi hutan dan lahan yang dilakukan di Desa Tombo.

"Gerakan penanaman pohon ini sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi kerusakan alam dan sangat membantu untuk keseimbangan alam," tandas Asri Hermawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: