Lansia Wajib Tahu! Ternyata Inilah Makanan Penyebab Nyeri Sendi yang Harus Kamu Waspadai

Lansia Wajib Tahu! Ternyata Inilah Makanan Penyebab Nyeri Sendi yang Harus Kamu Waspadai

Makanan penyebab nyeri sendi --freepik.com/freepik

Selain itu, dalam jurnal Nutrition & Diabetes, sebanyak 1.209 orang dewasa berusia 20-30 tahun yang minum soda 5 kali dalam seminggu, memiliki risiko tiga kali lipat mengalami nyeri sendi.

Penelitian lain dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa 200.000 wanita yang mengonsumsi soda juga memiliki risiko terkena radang sendi. 

2. Daging Merah dan Daging Olahan

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan sebagai makanan penyebab nyeri sendi.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 25.630 orang dalam jurnal Arthritis & Rheumatism menunjukkan bahwa asupan daging merah yang berlebihan meningkatkan risiko nyeri sendi.

Oleh karena itu, saat kamu  mengalami nyeri sendi, alangkah baiknya untuk membatasi asupan daging merah dan daging olahan.

3. Makanan yang Mengandung Gluten

Gluten dapat digolongkan sebagai makanan penyebab nyeri sendi. Zat ini terdiri dari sekelompok protein yang ada pada gandum, barley, gandum hitam, dan triticale.

Dalam jurnal Nutrients and The Open Rheumatology Journal menemukan bahwa makanan yang mengandung gluten dapat menyebabkan risiko nyeri sendi.

Meskipun temuan ini cukup menjanjikan, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah diet bebas gluten saja benar-benar bermanfaat bagi penderita nyeri sendi.

Meski demikian, ada baiknya jika kamu membatasi asupan gluten. 

4. Makanan Olahan atau Makanan Cepat Saji

Makanan olahan yang termasuk makanan penyebab nyeri sendi antara lain makanan cepat saji, sereal sarapan, dan makanan yang dipanggang.

Jenis-jenis tersebut biasanya kaya akan biji-bijian olahan, gula tambahan, pengawet, dan bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan peradangan. Semua bahan ini dapat memperburuk gejala nyeri sendi.

Dengan demikian, makanan olahan merupakan salah satu makanan penyebab nyeri sendi dan dapat memperburuk kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: