Inilah 4 Jenis Teh yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi, Wajib Kamu Coba

Inilah 4 Jenis Teh yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi, Wajib Kamu Coba

Jenis Teh yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi--freepik.com/freepik

Jenis teh yang membantu menurunkan kolesterol tinggi

1. Teh Hijau

Teh hijau banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan kolesterol. Teh ini berasal dari tanaman camellia sinensis dan proses pembuatannya tidak dioksidasi.

Teh ini mengandung senyawa katekin dan antioksidan lain yang dapat mendukung metabolisme lemak sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar kolesterol total.

Kandungan ini diketahui memiliki sifat antikanker dan anti-inflamasi. 

Mengutip dari laman healthmatch, teh hijau diduga dapat mengurangi penyerapan kolesterol oleh usus dan meningkatkan proses ekskresinya.

Tidak hanya itu, teh ini juga dapat digunakan untuk mengontrol berat badan, meningkatkan fungsi otak yang lebih baik, dan mengurangi risiko diabetes.

2. Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam dapat memberikan dampak positif terhadap kolesterol. Keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama berasal dari daun tanaman camellia sinensis, namun terdapat perbedaan pada proses pembuatannya.

Teh ini dibuat dengan proses pelayuan, penggulungan, penghancuran total untuk meningkatkan oksidasi, dan terakhir melalui proses pengeringan.

Sama halnya dengan teh lainnya, teh hitam juga banyak antioksidan yang bermanfaat, seperti teaflavin. 

Mengonsumsi teh hitam membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Diketahui bahwa efek ini lebih terasa pada orang dengan risiko kardiovaskular yang lebih tinggi. 

3. Teh Oolong

Teh oolong melewati proses oksidasi dan fermentasi yang sama dengan teh hitam. Teh ini merupakan teh tradisional Cina dengan varian warna dan rasa yang berbeda tergantung pada berapa lama daunnya dibiarkan berfermentasi.

Daun yang digunakan sama dengan yang digunakan oleh teh hijau dan teh hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: