Amankah Capcay Dijadikan Menu Diet Makan Malam yang Sehat? Begini Penjelasanya

Amankah Capcay Dijadikan Menu Diet Makan Malam yang Sehat? Begini Penjelasanya

Capcay Dijadikan Menu Diet Makan Malam -freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Apakah boleh capcay dijadikan menu diet makan malam? capcay sendiri merupakan makana sayauran, namun ketika sudah dimasak biasanya ada banyak campuranya. Untuk mengetahui jawabnya pastikan Anda membaca artikel ini.

Dalam menjalankan diet, memang harus hati-hati dalam memilih dan memilah menu makanan yang sesuai dengan diri Anda. Namun jumlah kalori, lemak dan karbohidratnya harus tetap rendah. 

Jenis makanan orang diet memang bikin bosan. Pasalnya jarang yang memiliki rasa yang enak dan bikin nagih. Namun tenang saja, bagi Anda yang ingin menu makanan diet tapi tetap enak maka bisa milih menu makanan capcay sebagai menu makanan diet. 

Mengapa capcay? Pasalnya capcay merupakan jenis makanan yang terbuat dari sayur-sayuran. sayuran inilah yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan juga baik untuk diet. 

BACA JUGA:Ini Dia 6 Manfaat Jahe untuk Diet, Dari Bantu Kurangi Nafsu Makan sampai Bakar Lemak Membandel!

BACA JUGA:Bikin Olahan Sayur untuk Diet yang Cocok sebagai Makanan Penghangat Tubuh di Tengah Musim Hujan

Kandungan Nutrisi Pada Capcay

Capcay sendiri banyak varaian dan cara memasaknya. Setiap daerah akan memiliki keunikan dan ke khasan sendiri dalam memasak capcay dan apa saja bahan yang digunakanya. 

Meskipun demikian, ternyata capcay memiliki bahan utama yang tidak jauh berbeda dari masing-masing daerah. Diantaranya yakni wortel, brokoli, kembang kol, sawi putih, dan sayuran lainya.

Kandungan nutrisi dalam capcay sendiri sangat baik untuk diet dan menjaga kesehatan. Pasalnya dalam 100 gram capcay terdapat beberapa nutrsi yakni: 

Terdapat 97 kkal kalori yang bisa dijadikan sebagai energi. Jumlah ini hanya bisa menyukupi sekitar 4.5 persen dari kebutuhan kalori harian. Jumlah kalori ini tergantung bagaimana cara  masak dan menggunakan bahan apa saja. 

Sebagai alternatif, pilihlah bahan yang rendah lemak dan kalori sehingga tidaj menimbulkan peningkatan kalori dalam capcay. Salah satunya yakni bisa milih menggunakan minyak kelapa saat menumis capcay.

Selain itu, terdapat lemak sebanyak 6.3 gram, vitamin A sebanyak 44.5 mikrogram, Vitamin B1 0.21 mikrogram, vitamin C 1 miligram, karbohidrat 4.2 gram.  Lemak yang terkandung dalam capcay ini berasal dari berbagai bahan, ada yang lemak jahat dan baik. Untuk meminimalisir kandungan lemak jahat maka disarankan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun ketika menumisnya. 

Meskipun demikian capcay juga mengandung protein yang tinggi yakni 5.8 gram dan serat pangan 0.6 gram serta air 82.7 gram. Dengan hal inilah capcay mampu menjaga rasa kenyang lebih lama dan tidak bikin Anda terus menerus nyemil atau makan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: