MTs NU Tirto Gelar Kaderisasi bagi Pelajar dalam Kegiatan Makesta

MTs NU Tirto Gelar Kaderisasi bagi Pelajar  dalam Kegiatan Makesta

PELANTIKAN - Prosesi pelantikan siswa MTs NU Tirto usai kegiatan Makesta.-FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) kembali diselenggarakan Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PK IPNU IPPNU) MTs NU Tirto pada hari Selasa-Rabu (12-13 Desember 2023) di gedung MTs NU Tirto kali ini dibarengkan dengan Pelantikan Pengurus PK IPNU IPPNU MTs NU Tirto dan mengambil tema “Komitmen Pelajar Dalam mempertahankan Nilai-nilai ke-Aswaja-an”.

Makesta sangat didukung semua guru MTs NU Tirto yang notabenya sekolah  Nahdlatul Ulama (NU), sehingga Makesta di Mts NU Tirto sudah menjadi salah satu kegiatan wajib  tahunan yang harus diikuti siswa kelas IX dan pengurus baru PK IPNU IPPNU MTs NU Tirto sekaligus syarat menjadi anggota IPNU IPPNU MTs NU Tirto. Makesta kali ini diikuti 86 Peserta dan alhamdulillah berjalan lancar sampai pada proses pembaiatan.

Makesta merupakan gerbang awal para pelajar Nahdlatul Ulama untuk masuk sebagai anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Sebagai badan otonom organisasi NU, Makesta diharapkan mencetak kader yang mampu menghidupkan NU di tengah masyarakat.

Selama dua hari berlangsung, peserta disuguhi berbagai materi diantaranya Ke-NU-an, Ke-aswajaan, Ke-IPNU-IPPNU-an, Kepemimpinan, Manajemen Organisasi, Wawasan Kebangsaan, dan lainnya. 

“Tentunya masih banyak sekali catatan catatan yang menjadi bahan evaluasi, baik untuk kebutuhan kegiatan ini sendiri maupun guna pelaksanaan makesta yang akan datang,” kata Ketua PK IPNU Mohammad Adil Kusumajati.

BACA JUGA:Wow! Gelar P5, SMK Muhammadiyah Karanganyar Angkat Kearifan

BACA JUGA:Kunjungi SMKN 1 Kedungwuni, Presiden Jokowi Akan Berikan Bantuan Mobil Listrik

Berlangsungnya kegiatan Makesta ini bekerja sama dengan PAC IPNU IPPNU Kecamatan Tirto, rekan Muhammad Rif'an (Ketua PAC IPNU) dan rekanita Siti Khofifah (Ketua PAC IPPNU) senantiasa mendampingi dan memantau jalannya kegiatan tersebut.

 

Dalam sambutannya Ketua PAC IPPNU Tirto Rekanita Siti Khofifah, menyampaikan bahwa salah satu tujuan Makesta adalah untuk membangun kesadaran akan peran pelajar/pemuda dalam menjawab tantangan era digitalisasi yang semakin kompleks.

"Banyak manfaat yang dirasakan ketika para pelajar masuk ke organisasi IPNU-IPPNU. Diantaranya banyak teman. dapat ilmu dan pengalaman, banyak jaringan, mengasah kepekaan sosial serta berlatih kritis," imbuh Mohammad Rif’an selaku Ketua PAC IPNU Tirto.

 Terakhir, Kepala Madrasah MTs NU Tirto Bapak Salafudin, S.Ag, M.Pd.I menyampaikan, bahwa beliau sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Makesta ini.

"Selain karena sebagai pengenalan keorganisasian yang ada di dalam IPNU IPPNU, juga sebagai media bagi siswa siswi untuk menggembleng diri mereka menjadi militan NU," jelasnya.

Kegiatan Makesta diakhiri dengan prosesi pembaiatan atau pengambilan sumpah janji sebagai anggota IPNU IPPNU yang nantinya diharapkan kelak akan menjadi kader penerus perjuangan Nahdlatul Ulama di masa yang akan menjadi kader penerus perjuangan Nahdlatul Ulama di masa yang akan datang.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: