13 Dzikir Sebelum Tidur, Yuk Jadikan Amalan Rutin untuk Raih Faedahnya!

13 Dzikir Sebelum Tidur, Yuk Jadikan Amalan Rutin untuk Raih Faedahnya!

Sebelum tidur berdzikirlah sesuai sunnah.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Yuk jadikan setiap aktivitas kita sebagai ibadah, termasuk saat tidur. Salah satunya dengan mengamalkan dzikir sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang mulia. Lisan yang penuh dzikir akan selamat dunia dan akherat. Oleh karena itu, meski kantuk sudah menyerang tetap usahakan berdzikir sebelum tidur.

Banyak faedah dari dzikir. Namun sayang banyak orang mengabaikan amalan ini. Dzikir mampu mendatangkan pertolongan Allah Ta'ala, mendatangkan ampunan dan pahala yang besar, mendatangkan ketenteraman jiwa, menghidupkan hati, dan faedah lainnya. 

Namun jangan asal berdzikir. Lakukan amalan ini sesuai yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Baca juga:Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunah Nabi

Berikut amalan dzikir sebelum tidur seperti dilansir dari Rumaysho:

1. Baca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Sebelum tidur, rapatkan dua telapak tangan. Bacakan surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sambil ditiup ke telapak tangan. Usap tubuh yang bisa dijangkau dengan dua telapak tangan tersebut, dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan. Lakukan ini satu kali. (HR. Bukhari no. 5017 dan Muslim no. 2192)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia." (QS. Al Ikhlas: 1-4)

Baca lagi:Dzikir dan Doa Usai Shalat Fardhu Sesuai Sunah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ  وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: