Bolehkan Makan Durian Sambil Ngopi? Pecinta Kopi dan Durian Wajib Simak Ini

Bolehkan Makan Durian Sambil Ngopi? Pecinta Kopi dan Durian Wajib Simak Ini

Apakah aman makan durian sambil ngopi?-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Banyak orang mempercayai makan durian sambil minum kopi akan membahayakan kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan fatalitas. Benarkan makan durian sambil ngopi berbahaya? Simak uraiannya berikut ini.

Di saat musim durian tiba, pecinta durian akan berburu buah kesukaannya ini. Karena cita rasanya yang memang khas dan nikmat. Maka sangat disayangkan jika musim durian habis tak bisa menikmati durian unggulan.

Tidak sedikit pecinta durian juga penikmat kopi. Mereka tentu ingin memadukan citarasa durian dengan kopi. Namun banyak informasi bersliweran yang menyatakan makan durian sambil ngopi, atau makan durian habis itu ngopi membahayakan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan fatalitas.

Durian dengan rasanya yang dominan manis akan kontras dengan kopi yang pahit. Tentunya perpaduan ini akan menciptakan sensasi tersendiri di lidah penikmatnya. 

Baca juga:Cegah Badan Lemas, Ini Dia 12 Manfaat Buah Durian untuk Tubuh

Kopi dan durian, keduanya sama-sama memiliki aroma yang khas. Dengan rasa yang kontras dan aroma khasnya, menikmati durian sambil ngopi akan menjadi pengalaman tersendiri, apalagi nyuruput kopi di kebun durian yang berhawa sejuk, atau di lapak-lapak durian di sepanjang pinggiran kebun durian langsung.

Kopi mengandung kafein. Kandungan ini memberikan dorongan energi. Demikian pula dengan durian, tinggi kalori. Kombinasi ini cocok untuk mengatasi kelelahan dan meningkatkan produktivitas.

Pada durian yang terlalu matang, akibat proses fermentasi membuatnya memiliki kandungan alkohol. Inilah yang dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan denyut jantung meningkat pada beberapa orang yang sensitif.

Namun, seperti dilansir klikdokter, belum ada bukti cukup yang mendukung anggapan bahwa makan durian dan minum kopi bisa menyebabkan fatalitas, bahkan kematian. 

Baca lagi:Penangkal Depresi hingga Buat Kulit Awet Muda, Berikut 8 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Oleh karena itu, tidak ada larangan khusus untuk makan durian sambil ngopi. Meski begitu, apapun itu jangan berlebihan, terutama bagi penderita diabetes. Sebab, durian kadar gulanya tinggi. 

Selain itu, bagi kamu yang memiliki gangguan asam lambung, sebaiknya hindari minuman dengan kandungan kafein tinggi seperti kopi. Pasalnya, kopi dapat memperberat keluhan nyeri perut terkait asam lambung dan palpitasi.

Durian kaya akan senyawa kimia seperti sulfur dan amina biogenik. Kopi juga mengandung berbagai senyawa, termasuk kafein. Reaksi kimia tidak sehat dapat terjadi pada saat senyawa-senyawa dalam buah durian dan kopi ini berinteraksi dalam sistem pencernaan tubuh. Misalnya, risiko gangguan pencernaan seperti asam lambung tinggi, perut kembung dan diare. 

Kafein dalam kopi merupakan stimulan yang kuat. Di sisi lain, durian mengandung triptofan, dengan efek mengantuknya. Menggabungkan keduanya, maka dapat mengganggu pola tidur alami seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: