Unikal Terjunkan 690 Mahasiswa KKN Tematik PPM Periode 1 Tahun 2023/2024

Unikal Terjunkan 690 Mahasiswa KKN Tematik PPM Periode 1 Tahun 2023/2024

FOTO - Sekretaris Bappeda Kota Pekalongan bersama jajaran civitas akademika Unikal serta mahasiswa KKN berfoto bersama usai pemasangan atribut.-FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Universitas Pekalongan menerjunkan sebanyak 690 mahasiswa/mahasiswinya dari berbagai jurusan dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik PPM Periode 21 Desember 2023- 19 Januari 2024 di Kabupaten dan Kota Pekalongan. Adapun tema KKN periode kali ini yakni ” Lingkungan sehat, ekonomi kuat, masyarakat sejahtera".

Ratusan mahasiswa/mahasiswi tersebut dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Bappeda, Ujianto Purwanto, Rektor Unikal, Andi Kushermanto, Ketua LPPM Unikal Dwi Agustina, dan Ketua Panitia KKN Tematik PPM Unikal Ari Muhardono, yang berlangsung di GOR Unikal, Kamis (21/12/2023).

Disampaikan Ketua panitia KKN Tematik PPM Unikal Ari Muhardono bahwa KKN Tematik Unikal periode 1 tahun akademik 2023/2024 ini merupakan kelanjutan dari KKN periode sebelumnya yang mengambil tema lingkungan sehat, ekonomi kuat dan masyarakat sejahtera. Tentunya tagline ini mencerminkan tekad kuat dari Unikal untuk berkontribusi menciptakan perubahan positif dalam tiga aspek utama pembangunan.

Diantara aspek yang hendak dibangun oleh Unikal yaitu pertama fokus pada lingkungan sehat yang mengindikasikan perhatian terhadap keberlanjutan lingkungan dan kesehatan alam, dan melalui kegiatan KKN.

BACA JUGA:Pertama di Pesisir Pantura, Pusat Kajian Unikal “Mutiara Bahasa” Gelar Program Short Courses BIPA

BACA JUGA:Kunjungi SMKN 1 Kedungwuni, Presiden Jokowi Akan Berikan Bantuan Mobil Listrik

"Dari aspek yang pertama, tentu saja kami mengharapkan mahasiswa dapat berkontribusi nyata dalam upaya pelestarian alam, pencegahan kerusakan lingkungan serta pengelolaan sampah melalui pemberdayaan masyarakat," ungkap Ari.

 

Lanjutnya, aspek kedua adalah ekonomi kuat. Ekonomi kuat ini menyoroti dorongan untuk mengembangkan potensi dan pemberdayaan ekonomi lokal. 

 

"Banyaknya potensi UMKM yang di desa memungkinkan masih adanya sentuhan-sentuhan dari generasi muda di era digital ini sehingga dapat turut membantu meningkatkan daya saing pertumbuhan bisnis," imbuhnya.

 

Dan aspek yang terakhir adalah masyarakat sejahtera, menurut Ari aspek ini mencerminkan visi untuk mencapai kesejahteraan sosial yang menyeluruh baik lokal maupun memperkuat jaringan sosial melalui berbagai inisiatif, seperti penyuluhan kesehatan, pelatihan keterampilan, dan program pendidikan mahasiswa KKN unikal berusaha meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: