Kembangkan Sepakbola Wanita, RB akan Gelar Turnamen Tiap 6 Bulan

Kembangkan Sepakbola Wanita, RB akan Gelar Turnamen Tiap 6 Bulan

Depan Pakar DPP PKS menyalami peserta turnamen sepakbola wanita yang digelar di Desa Wanarata, Pemalang.-Dony Widyo-

PEMALANG - Turnamen Sepakbola Wanita 2023 yang diadakan oleh IPPO (Ikatan Pemuda Pecinta Olahraga) berlangsung di Wanarata, Pemalang, Jawa Tengah.

Pada pertandingan puncak yang digelar pada Sabtu, 23 Desember 2023, FC Purbalingga berhasil mengalahkan FC Galaneta dengan skor telak 3-0. 

Nomor 15, Ijah, membuka keunggulan FC Purbalingga dengan tendangan jauh dari luar kotak 16. Nomor 16, Vania, menambah keunggulan dengan tendangan cantik dari luar area terlarang. Nomor 18, Nadia, menutup kemenangan FC Purbalingga dengan gol ketiga.

Rizal Bawazier, Dewan Pakar DPP PKS, yang turut hadir dan menyerahkan piala untuk pemenang mengatakan, bahwa pertandingan final berjalan cukup baik, namun skor 3-0 tampak tidak adil.

"Pertandingan final berjalan cukup baik, namun 3-0 tampak tidak adil. Meski begitu, pertandingannya menarik. Skor 3-0 terasa kurang, tapi saya dengar bahwa runner-up dari Bantarbolang kalah. Saya sebenarnya mengira bahwa Bantarbolang akan menjadi juara, tapi ternyata juara satu dan dua dari Purbalingga," kata Rizal Bawazier.

Saat ditanya tentang para pemain, Caleg DPR RI Dapil X Jateng ini mengatakan bahwa para juara tampak terlatih dengan baik.

"Menurut yang saya dengar, para pemain ini sudah terlatih, dan mereka bukan pemain baru di turnamen sepakbola wanita. Menyenangkan melihat partisipasi dari remaja sampai ibu-ibu. Kayaknya kiper dan bek berumur antara 18 sampai 26 tahun. Ini menggugah melihat partisipan dari berbagai daerah," terang pria yang akrab disapa RB ini.

RB menyarankan agar sepakbola wanita terus dikembangkan di berbagai daerah, dan menganggap bahwa turnamen ini bisa menjadi pembelajaran untuk turnamen selanjutnya.

Namun, RB juga mengakui beberapa kendala, yaitu kurangnya tim yang ikut serta dalam turnamen.

RB mengungkapkan kekhawatiran awal ketika turnamen dimulai pada 2 November, hanya dengan delapan tim. Turnamen ini menggunakan sistem gugur, berlangsung setiap Sabtu dan Minggu.

"Kita butuh lebih banyak partisipasi untuk membuatnya lebih seru. Dengan lebih banyak peserta, kita bisa menentukan peringkat yang lebih jelas. Kita butuh lebih banyak turnamen untuk memajukan sepakbola wanita," terang Rizal Bawazier.

Rizal Bawazier menjelaskan bahwa awalnya, minat tim terhadap turnamen ini rendah, sebagian besar karena pihak penyelenggara mengandalkan media sosial untuk promosi.

"Banyak yang ragu tentang turnamen ini - apakah ini kompetisi yang serius atau hanya acara santai. Tapi untungnya, panitia berhasil mengadakannya," ungkap Bawazier.

Sebagai calon Anggota DPR RI dari Jawa Tengah, RB berencana untuk mengadakan turnamen setiap enam bulan untuk lebih mengangkat sepakbola wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: