4 Tips untuk Memperkuat Tulang yang Mudah Dicoba, Cocok untuk Lansia dan Orang Tua

4 Tips untuk Memperkuat Tulang yang Mudah Dicoba, Cocok untuk Lansia dan Orang Tua

Tips untuk Memperkuat Tulang --freepik.com/jcomp

Jadi, total asupan kalsium yang kamu terima tidak boleh melebihi 2000 mg per hari.

Kamu dapat memenuhi kebutuhan kalsium harianmu dengan makanan kaya kalsium seperti susu, yogurt, keju, tahu dan tempe, sereal, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan makanan laut seperti ikan teri dan salmon.

2. Asupan vitamin D harian yang cukup

Selain kalsium, vitamin D juga merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kekuatan tulang. Vitamin ini mampu membantu tubuh menyerap kalsium dan membentuk tulang yang padat dan kuat.

Jumlah vitamin D yang dibutuhkan oleh anak-anak dan orang dewasa adalah sekitar 600 IU atau 15 mikrogram per hari, sedangkan untuk orang tua di atas 65 tahun hingga 800 IU atau 20 mikrogram.

BACA JUGA:Inilah Kebiasaan yang Menyebabkan Osteoporosis, Hati-hati Dapat Membuat Tulangmu Keropos!

Total asupan vitamin D oleh orang dewasa tidak boleh melebihi 4.000 IU per hari

Vitamin D dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti ikan, jamur, telur, susu, yogurt dan keju. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan secara alami dengan berjemur di pagi atau sore hari.

Jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan vitamin D dari makanan dan sinar matahari, kamu dapat mengonsumsi suplemen vitamin D sesuai anjuran dokter.

3. Berolahraga secara teratur

Tips memperkuat tulang yang juga tidak boleh dilewatkan adalah olahraga teratur. Olahraga teratur dapat memperkuat tulang dan memperlambat pengeroposan tulang.

Beberapa jenis latihan yang berguna untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang adalah berenang, jalan kaki, bersepeda, jogging, yoga dan pilates, serta bermain tenis atau bola basket.

Namun, jika kamu memiliki kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, obesitas atau osteoporosis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis olahraga yang aman.

Mereka yang berisiko tinggi mengalami patah tulang, seperti orang tua, disarankan untuk menghindari aktivitas fisik yang intens, termasuk melompat, berlari, fleksi, dan gerakan memutar sendi panggul.

4. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: