8 Efek Samping Daun Genjer, Ibu Hamil dan Penderita Asam Urat Perhatikan Ini

8 Efek Samping Daun Genjer, Ibu Hamil dan Penderita Asam Urat Perhatikan Ini

Selain kaya manfaat untuk kesehatan, daun genjer juga memiliki efek samping bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Meski daun genjer kaya manfaat untuk kesehatan, namun daun genjer juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. 

Salah satu efek negatif daun genjer ialah tinggi purin, sehingga tak dianjurkan dikonsumsi penderita asam urat. Ibu hamil pun tak disarankan mengomsumsi daun genjer secara rutin, sebab dapat menyebabkan konstraksi usus.

Tak dipungkiri, dengan kandungan nutrisi di dalamnya yang banyak, daun genjer kaya manfaat untuk kesehatan. Diantaranya daun genjer bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga berat badan ideal, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun di balik manfaatnya itu, daun genjer juga menyebabkan beberapa efek samping pada beberapa orang. Efek samping ini tergantung pada porsi yang dimakan dan kondisi kesehatan masing-masing individu yang mengonsumsinya. 

Baca juga:Sering Dianggap Gulma di Sawah, Ini 10 Manfaat Daun Genjer untuk Kesehatan, Cocok untuk Menu Diet

Berikut ini delapan efek samping daun genjer dilansir dari beberapa sumber:

1. Reaksi alergi

Setelah mengonsumsi daun genjer, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi. Alergi yang muncul bisa berupa ruam, gatal-gatal, bengkak pada wajah, lidah, atau tenggorokan, sesak napas atau sesak pada dada. Hentikan konsumsi daun genjer apabila reaksi ini muncul.

2. Nyeri perut

Kandungan tanin pada daun genjer bisa menyebabkan kontraksi pada usus. Sehingga daun genjer bisa menyebabkan nyeri perut, diare, atau sembelit pada beberapa orang. 

3. Efek pada fungsi hati

Daun genjer dapat menyebabkan peningkatan enzim hati. Oleh karena itu, daun genjer dapat mengakibatkan kerusakan hati pada beberapa orang, terutama jika digunakan dalam jangka panjang atau dalam dosis yang tinggi. 

Baca lagi:Atasi Asam Urat dan Asam Lambung, Berikut 14 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan

4. Efek samping lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: