Sering Dianggap Gulma di Sawah, Ini 10 Manfaat Daun Genjer untuk Kesehatan, Cocok untuk Menu Diet

Sering Dianggap Gulma di Sawah, Ini 10 Manfaat Daun Genjer untuk Kesehatan, Cocok untuk Menu Diet

Daun genjer kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sayuran genjer (Limnocharis flava) kerap dianggap gulma di sawah, namun manfaat daun genjer untuk kesehatan juga patut diperhitungkan, seperti cocok untuk menu diet, mengontrol tekanan darah, memelihara kesehatan tulang dan gigi hingga menjadi sumber lemak baik.

Sejak dulu, nenek moyang kita memetik daun genjer untuk olahan sayuran di rumah. Tak sekadar direbus, daun genjer bisa ditumis, hingga dimasak menjadi aneka olahan lainnya yang lezat.

Maka tak heran, orang-orang dulu kondisi tubuhnya lebih sehat. Salah satu rahasianya banyak mengomsumsi sayuran segar yang ada di sekitar rumah, kebun atau sawah tempatnya bekerja. Salah satunya makan olahan daun genjer yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Bagi generasi saat ini, daun genjer mungkin tidak lagi familiar. Kalah dengan sayur bayam, kangkung, dan lainnya. Tukang sayur keliling juga belum tentu membawa daun genjer tiap hari. Hanya kerap dijumpai di musim-musim tertentu saja.

Baca juga:Olahan Sayur untuk Diet dari Kangkung yang Wajib Dicoba, Bikin Kenyang Lebih Lama

Namun olahan daun genjer tak kalah lezat dengan sayuran lainnya, terutama jika ditumis. Tumis daun genjer, ikan asin, sambal terasi dengan lauk ikan emas, mujahir, atau lele akan membuat lidah bergoyang.

Selain rasanya yang nikmat, daun genjer terbukti banyak kandungan gizinya. Seperti dilansir klikdokter, dalam 100 gram genjer mengandung nutrisi antara lain energi 39 kilokalori, karbohidrat 7,7 gram, protein 1,7 gram, dan lemak. 0,2 gram.

Selanjutnya, ada pula kandungan serat 0,95 gram, kalsium 62 miligram, fosfor 33 miligram, zat besi 17,97 miligram, kalium 300,46 miligram, natrium 3,13 miligram, magnesium 2,81 miligram, dan zink 1,28 miligram.

Lalu, karoten 3,8 miligram dan vitamin C 54 miligram. Bahkan, bunga maupun daun genjer memiliki antioksidan, seperti polifenol, kardenolin dan flavonoid.

Baca lagi:Daftar Jus Buah dan Sayur yang Bisa Menjaga Sendi Lansia Tetap Kuat di Usia 60 Tahun ke Atas

Berikut ini beberapa manfaat daun genjer untuk kesehatan:

1. Melancarkan pencernaan

Daun genjer memiliki kandungan serat. Kandungan ini bisa melancarkan pencernaan, sehingga terhindar dari sembelit.

2. Menjaga berat badan ideal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: