Atasi Asam Urat dan Asam Lambung, Berikut 14 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan

Atasi Asam Urat dan Asam Lambung, Berikut 14 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan

Daun ubi jalar kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN - Daun ubi jalar kerap disepelekan, bahkan hanya dianggap sebagai rambanan (pakan) ternak jika di pedesaan. Padahal manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan sangat banyak, diantaranya atasi asam urat dan asam lambung.

Orang tua dulu sering memasak daun ubi jalar atau lenggok, baik untuk sayur bening, lalapan, hingga lotekan dengan sambal gula jawa asamnya, karena manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan luar biasa.

Maka tak heran, orang tua dulu jarang terserang penyakit tak menular seperti asam urat, asam lambung, kolesterol dan lainnya. Sebab, mereka terbiasa mengonsumi sayur mayur yang dipanen dari kebun. Salah satunya daun ubi jalar ini.

Meski produksi utama tanaman ini adalah ubinya. Namun, daun pucuk mudanya kerap dipetik untuk diolah menjadi masakan yang lezat. Paling sederhana cukup rebus daun ubi jalar lalu buatkan sambal gula jawa merah asam. Buat lotekan. Jadilah cemilan yang menyehatkan, asal tak berlebih memakannya. 

Menurut penelitian, daun ubi jalar mengandung vitamin A, B, C, K, dan B6, antioksidan, riboflavin, niasin, tiamin, zat besi, beta karoten, asam folat, kalsium, dan protein.

Baca juga:5 Efek Samping Makan Petai, Penderita Asam Urat Wajib Baca

Baca lagi:Ampuh Kontrol Asam Urat Hingga Cerahkan Kulit, Berikut 10 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan

Dengan melihat kandungan nutrisi dalam daun ubi jalar, maka daun ini kaya manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi masalah lambung

Daun ubi jalar mengandung antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada lambung. Sehingga daun ubi jalar bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung, membantu masalah pada sistem pencernaan, dan mengatasi peradangan pada lambung.

2. Mengatasi asam urat

Kandungan vitamin C di dalam daun ubi jalar berfungsi untuk meningkatkan pembuangan asam urat lebih cepat, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Meredakan nyeri menstruasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: