7 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Osteoporosis, Wajib Dihindari Sekarang Juga

7 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Osteoporosis, Wajib Dihindari Sekarang Juga

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Osteoporosis--freepik.com/stefamerpik

makan makanan tanpa menambahkan garam sangat membantu. Namun, ada menu lain yang jika dibatasi juga membawa manfaat besar bagi penderita osteoporosis, yaitu produk daging setengah jadi.

Makanan olahan menyumbang 75% dari jumlah total natrium yang kita konsumsi setiap hari.

Selain itu, protein daging mengandung sejumlah besar asam amino yang mengandung belerang, dan agar dapat dicerna, tubuh kita melarutkan kalsium dari tulang dan melepaskannya ke dalam aliran darah.

BACA JUGA:7 Makanan untuk Memperkuat Tulang pada Osteoporosis, Mudah Ditemukan dan Efektif Jaga Kesehatan Tulang

pilihan yang yang bisa kamu coba adalah membatasi jenis produk yang mengandung daging olahan, terutama yang mengandung bahan pengawet.

Pengidap osteoporosis tentu membutuhkan banyak kalsium, jadi sebaiknya kurangi asupan daging merah dan konsumsi nutrisi tambahan lainnya seperti sayuran.

3. Sayuran dengan kandungan alkaloid yang tinggi

sayuran dengan kandungan alkaloid yang tinggi termasuk dalam daftar makanan yang dilarang untuk penderita osteoporosis.

Sayuran seperti tomat, jamur, paprika, kentang putih, dan terong dapat menyebabkan peradangan tulang, yang menyebabkan osteoporosis.

Sayuran hijau seperti bayam dan lobak mengandung kalsium yang baik untuk tulang, namun di sisi lain juga mengandung oksalat yang dapat mengikat kalsium tersebut dan membuatnya tidak dapat diterima oleh tubuh.

Agar tetap mendapatkan manfaat kesehatan lain dari sayuran ini (sekaligus membantu mencegah osteoporosis), kita harus menyeimbangkannya dengan makanan yang mengandung kalsium yang mudah diserap tubuh.

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji juga mempengaruhi kesehatan tulang. Makanan tidak sehat atau makanan tinggi lemak dan gula menghilangkan kalsium, sehingga mencegah pembentukan tulang, dan akan berbahaya bagi orang yang ingin melawan osteoporosis.

Makanan ini juga biasanya mengandung lemak jenuh, yang dapat melemahkan kemampuan tulang untuk mempertahankan berat badan berlebih, yang menempatkannya dalam daftar makanan yang dilarang untuk penderita osteoporosis.

5. Makanan ringan manis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: